search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
KPU Tabanan Edukasi Siswa Soal Pemilu Saat MPLS
Kamis, 18 Juli 2024, 10:42 WITA Follow
image

beritabali/ist/KPU Tabanan Edukasi Siswa Soal Pemilu Saat MPLS.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan melakukan sosialisasi Pemilu kepada siswa yang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS. KPU Tabanan menyasar beberapa sekolah dan memberikan materi soal kepemiluan di sela-sela waktu MPLS

“Ada 18 sekolah menengah atas yang kami kunjungi untuk memberikan informasi seputar kepemiluan,” kata anggota KPU Tabanan Ni Putu Suaryani Rabu, (17/7). 

Ia menyebutkan, memberikan informasi soal kepemiluan seputar pentingnya menggunakan hak suara saat Pemilu, tolak politik uang, imbauan jangan golput serta bagaimana mengantisipasi informasi hoax. 

“Meski tidak memiliki hak pilih saat Pilkada 27 November, tapi sosialisasi ini penting sebagai bekal informasi terkait kepemiluan,” ujarnya. 

Ia menyebutkan, dengan adanya informasi dan pemahaman awal ini kepada calon pemilih pemula nantinya diharapkan mereka tidak akan anti terhadap politik atau minimal mereka memberikan hak suara saat Pemilu. 

“Apalagi menjelang Pemilu informasi soal politik yang benar dan hoax sulit dibedakan. Makanya kami berikan pemahaman awal bahwa suara mereka nanti akan sangat menentukan arah demokrasi,” ujarnya.

Suaryani mengatakan, respon dari peserta beragam. Tapi, rata-rata antusias karena informasi soal kepemiluan yang diberikan oleh penyelenggara baru mereka dapatkan. 

“Banyak yang bilang jika ini adalah informasi baru. Mereka antusias,” ujarnya. 

Selain dengan program sosialisasi, KPU Tabanan juga rutin menggandeng pihak sekolah untuk menggelar pemilihan ketua OSIS dengan menggunakan format Pemilu. 

“Selain itu, kami juga punya Duta Demokrasi yang anggotanya adalah anak-anak sekolah menengah atas. Mereka ini yang menjadi pionir di sekolah masing-masing soal kepemiluan,” ujarnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami