search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mahasiswa KKN Undiksha Ditantang Beri Solusi Masalah Puluhan Desa
Jumat, 19 Juli 2024, 14:43 WITA Follow
image

beritabali/ist/Mahasiswa KKN Undiksha Ditantang Beri Solusi Masalah Puluhan Desa.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menerjunkan mahasiswa untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler tahun 2024. 

Pelaksanaan program yang menyasar puluhan desa di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Bangli ini berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali. Melalui program ini, mahasiswa ditantang untuk bisa memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi desa dan dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah. 

Mahasiswa yang mengikuti KKN ini sebanyak 1.275 orang yang sebagian besar duduk di semester IV. KKN dilaksanakan di 20 desa di Kabupaten Buleleng yang tersebar di 5 kecamatan, yaitu Busungbiu, Gerokgak, Seririt, Sukasada, dan Kubutambahan. 

Sedangkan di Kabupaten Bangli sebanyak 48 desa seluruh kecamatan. Sementara itu, untuk KKN yang berkolaborasi dengan OJK Bali, dikhususkan untuk Literasi Inklusi Keuangan (LIK) yang dilaksanakan di 10 desa. Di Kabupaten Buleleng adalah  Desa Bestala, Desa Pemuteran, Desa Gitgit, Desa Sepang, dan Desa Tunjung. Di Kabupaten Bangli ada Desa Bunutin Kecamatan Bangli, Desa Peninjoan, Desa Sukawana, dan Desa Kintamani. 

Penerjunan mahasiswa ke desa untuk kabupaten Bangli berlangsung, Kamis (18/7/2024). Acara ini ditandai dengan pemakaian topi kepada perwakilan mahasiswa oleh Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, S.ST.Par. Ia yang didampingi Kepala Dinas PMD-PPKB Kabupaten Bangli, I Dewa Agung Putu Purnama merespon positif program tahunan ini. Kehadiran mahasiswa ke desa diharapkan dapat membangun motivasi para generasi muda untuk menempuh pendidikan tinggi. Selain itu juga dapat mendukung pembangunan Kabupaten Bangli dalam berbagai aspek dan mampu menggali permasalahan di desa yang selanjutnya dicarikan solusi. 

Wabup asal Kintamani ini juga menyampaikan dua isu nasional yang perlu mendapat perhatian dari mahasiswa, yaitu kasus stunting dan penyalahgunaan narkoba. Mahasiswa diharapkan dapat memberika gagasan, ide, maupun melakukan edukasi dan tindakan-tindakan pencegahan.

{bberparator} 

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si menyampaikan program KKN adalah salah satu program untuk membelajarkan mahasiswa sekaligus sebagai bentuk implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar. Kehadiran mahasiswa di desa dan di tengah masyarakat dinilai akan memberikan pengalaman, paling tidak pengalaman dari sisi lingkungan. 

Ia juga menegaskan, melalui program KKN mahasiswa ditantang untuk mampu menggali permasalahan yang dihadapi desa dan selanjutnya dicarikan solusi. 

Sementara itu, penerjunan KKN di Kabupaten Buleleng telah dilaksanakan, Senin (15/7/2024). Program ini pun mendapatkan respon positif dari Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Editor: Robby

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami