search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dampak Festival, Kunjungan DTW Ulun Danu Beratan Meningkat Hingga 90 Persen
Sabtu, 27 Juli 2024, 04:40 WITA Follow
image

beritabali/ist/Dampak Festival, Kunjungan DTW Ulun Danu Beratan Meningkat Hingga 90 Persen.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Adanya festival di Ulun Danu Beratan memberikan dampak positif bagi tingkat kunjungan. Pengelola Daerah Tujuan Wisata (DTW) Ulun Danu Beratan menyebut, rangkaian pagelaran Festival yang menampilkan parade budaya gebogan menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Manajer Humas DTW Ulun Danu Beratan, I Made Sukarata mengatakan, adanya parade budaya melambangkan kemakmuran pertanian membawa peningkatan bagi kunjungan wisatawan ke objek wisata Ulun Danu Beratan hingga 90 persen. 

Kenaikan tersebut dapat dilihat dari trafik kunjungan pelancong, untuk wisatawan mancanegara jumlah kunjungan perhari mencapai 1.300 orang, sedangkan wisatawan domestik berjumlah 700 orang. 

Sebelum digelarnya festival jumlah kunjungan wisatawan ke DTW Ulun Danu untuk turis asing berjumlah 900 pengunjung dan wisatawan domestik berjumlah 400 orang. 

"Dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan saat didominsi oleh turis asing dari Australia," ujar Made Sukarata. 

Menurut Made Sukrata, selain dari pagelaran festival budaya peningkatan jumlah kunjungan hingga 90 persen ini diperoleh dari promosi-promosi yang dilakukan pihak DTW melalui medsos. 

Sementara dari parade budaya gebogan, Made Sukarata menjelaskan parade budaya yang disajikan dalam festival ini melibatkan 18 banjar adat di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti.  

"Dari para peserta yang terlibat dalam parade budaya ini kebanyakan anak muda. Dilibatkannya anak muda ini bertujuan agar budaya Bali tidak terkikis. Maka untuk mempertahankannya diperlukan adanya regenerasi," kata Sukarata. 

Sukarata menambahkan, Festival Ulun Danu yang akan berlangsung hingga 17 Agustus 2024.  Di DTW Ulun Danu parade gebogan akan di gelar tiga kali dalam seminggu yakni, pada hari Rabu, Kamis dan Jumat. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami