search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bus Trans Metro Dewata Tambah Rute, Target 8.000 Penumpang Harian
Jumat, 2 Agustus 2024, 12:20 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bus Trans Metro Dewata Tambah Rute, Target 8.000 Penumpang Harian.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Bus Trans Metro Dewata (TMD) resmi menambah jumlah rute dari lima menjadi enam koridor mulai Kamis (1/8/2024). 

Perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang harian dan memperbaiki pelayanan angkutan umum di Bali. Manager Operasional TMD, Ida Bagus Eka Budi, mengungkapkan target peningkatan load factor dalam tiga bulan ke depan.

Saat ini, load factor TMD tercatat sebesar 32 persen. Ida Bagus Eka Budi berharap angka ini bisa meningkat menjadi 40 persen dalam waktu dekat. “Dengan penambahan rute ini, kami menargetkan peningkatan jumlah penumpang harian dari 5.000-6.000 orang menjadi 7.000-8.000 orang,” ujarnya di Kuta, Badung.

Sepanjang tahun 2023, TMD mencatatkan jumlah penumpang sebanyak 2 juta orang, dengan rata-rata bulanan mencapai 170-180 ribu orang. Meski demikian, hingga kini belum ada target capaian jumlah penumpang yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan.

Faktor utama yang memengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum, menurut Budi, adalah kebutuhan akan jaminan keberlanjutan layanan. 

“Masyarakat ingin memastikan bahwa angkutan umum tersedia secara konsisten dan dapat diandalkan,” ujarnya. 

Operator TMD menyediakan 105 unit bus, dengan 95 di antaranya melayani enam koridor baru. Salah satu koridor yang dinilai masih kurang diminati adalah Koridor 3, rute Terminal Ubung-Matahari Terbit. Sementara Koridor 1, yang melayani rute dari Terminal Ubung menuju Denpasar dan sekitarnya, merupakan koridor dengan jumlah penumpang tertinggi karena tingginya kebutuhan mobilitas masyarakat dari area luar kota ke pusat kota.

Koridor enam yang baru diresmikan, yaitu rute dari Sentral Parkir Kuta menuju Bandara Ngurah Rai dan ITDC Nusa Dua, diharapkan dapat mendongkrak jumlah penumpang dengan menarik wisatawan.

 "Dengan penambahan rute ke Nusa Dua, kami berharap dapat mengurangi kepadatan kendaraan pribadi di kawasan bandara serta meningkatkan aksesibilitas bagi wisatawan yang akan menuju kawasan wisata," jelas Budi.

Perubahan rute juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan di dalam kota dan memperbaiki kinerja layanan TMD secara keseluruhan. “Kami sudah melakukan sosialisasi melalui media sosial dan berbagai saluran informasi agar masyarakat tidak bingung dengan perubahan rute yang mulai berlaku hari ini,” tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami