search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
2015 Seluruh Orangutan Ditarget Telah Dilepasliarkan
Kamis, 15 Juli 2010, 15:05 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Pemerintah menargetkan seluruh orangutan yang berada di pusat rehabilitasi telah dilepasliarkan pada 2015. target ini sebagai upaya menjaga kelestarian orangutan dan mengembalikaannya ke alam habitat aslinya. 

Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Kementrian Kehutanan Dr. Harry Santoso pada keteranganya di sela-sela pembukaan Workshop internasional tentang konservasi orangutan di Sanur (15/7) mengatakan sampai saat ini secara keseluruhan jumlah orangutan yang berada di pusat rehabilitasi di seluruh Indonesia mencapai 1.200 individu.

Menurut Harry Santoso, pelepasliaran orangutan ke alam nantinya akan dilakukan secara bertahap karena harus melihat terlibih dahulu kesiapan orangutan yang akan dilepas dan ketersediaan makanan di habitat tempat pelepasan.

”Kalau belum jangan kita melepasliarkan orangutan yang gak siap ke alam. Yang biasanya dikasi makan kemudian tidak di kasi makan sementara makananya tidak ada di hutan itu kan sama saja dengan menelantarkan namanya” ujar Harry Santoso

Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Kementrian Kehutanan Dr. Harry Santoso menyatakan selain melakukan pelepasliaran secara bertahap pemerintah juga telah mempersiapkan lahan pelepasliaran orangutan yang kini luasnya mencapai 106 ribu hektar.

 

Pada satu bulan kedepan luas lahan restorasi orangutan ini akan ditambah lagi seluas 86 ribu hektar. Sementara berdasarkan data Kementrian Kehutanan jumlah orangutan di Indonesia saat dini diestimasikan sekitar 45 ribu individu. 

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami