search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kawasan Danau Tamblingan Akan Dihutankan
Senin, 28 Maret 2011, 16:03 WITA Follow
image

image.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kawasan Danau Tamblingan di kabupaten Buleleng direncanakan akan dihutankan kembali pasca meluapnya air danau yang menenggelamkan puluhan rumah. Termasuk penghutanan kembali 2 hektar luasan kawasan pinggir danau yang telah menjadi kawasan pedesaan.

[pilihan-redaksi]

Kabid Humas Pemerintah Provinsi Bali Ketut Teneng saat ditemui di Renon, Senin (28/3) menjelaskan rencana penghutanan kawasan Danau Tamblingan seiring dengan rencana relokasi 44 kepala keluarga di sekitar danau. Dimana sebelumnya 44 kepala keluarga tersebut hanya nelayan dan pemilik rumpun ikan.

"Karena disana itu memang hutan, yang harus dikembalikan fungsi hutannya itu. Yang sesuangguhnya pada waktu ada mendega (nelayan dan pemilik rumpon) dan segala macam masyarakat disana itu statusnya itu adalah untuk mengawasi ikannya disana, tetapi lama kelamaan menjadi tinggal disana," papar Ketut Teneng.

Kabid Humas Pemerintah Provinsi Bali Ketut Teneng mengakui rencana relokasi 44 kepala keluarga kini masih dalam tahap pembahasan, walaupun sebenarnya ke-44 kepala keluarga tersebut Juru Bicara Pemerintah Provinsi Bali Ketut Teneng tidak memiliki hak meminta ganti rugi.

Sebelumnya berdasarkan data Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Buleleng, sekitar tahun 1980-an cakupan Danau Tamblingan memiliki luas 9,2 km persegi. Kemudian, airnya menyusut hingga luas cakupan Danau Tamblingan tinggal hanya 1,15 km persegi.

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami