search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jumlah Sampah di Bali 10.180 Kubik perhari
Jumat, 22 April 2011, 10:32 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Hasil penghitungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bali produksi sampah di Bali mencapai 10.180 meter kubik perhari. Namun sayang dari 10.180 meter kubik perhari produksi sampah di Bali yang tertangani hanya 60 persen.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium BLH Bali Gede Suarjana ketika ditemui di Renon, Kamis (21/4) menyampaikan kondisi yang lebih mengecewakan dari 60 persen jumlah sampah yang tertangani belum disertai dengan proses 3R.

"Dan kemudian yang tertangani baru 60 persen, dan inipun penanganannya belum ada reduce, reuse dan recycle. Jadi ini baru begitu saja ditaruh, tidak ada pemisahan dan lain sebagainya.

Nah akibat dari sampah yang besar ini satu tanah akan mengalami degradasi," papar Gede Suarjana.Suarjana menambahkan 10.180 meter kubik perhari produksi sampah di Bali, 6.000 meter kubik merupakan sampah yang diproduksi di daerah perkotaan.

Menurut Suarjana,belum terkelolanya sampah secara keseluruhan disatu sisi akibat keterbatasan angkutan untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan sampah (TPA).

Disisi lain penanganan sampah di TPA juga belum keseluruhan dilakukan dengan cara sanitary landfill, sebab masih terdapat TPA yang mengolah sampah dengan open dumping.

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami