search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bali Agendakan Rekontruksi Kesenian Tua
Kamis, 14 Juli 2011, 06:03 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Renon, Dinas Kebudayaan Bali merencanakan untuk merekontruksi terhadap kesenian-kesenian tua dan langka. Hal ini sebagai upaya pelestarian terhadap kesenian-kesenian tua dan langka yang sudah sangat jarang dipentaskan di masyarakat seperti Wayang, Tari Legong dan drama tari Gambuh.

Kepala Dinas Kebudayaan Bali Ketut Suastika pada keterangannya di Renon, Kamis (14/7) mengungkapkan rencana rekontruksi ini masih mengalami beragam kendala, salah satunya adalah belum ada kesepakatan dengan kabupaten/kota di Bali terkait jenis-jenis kesenian yang harus direkontruksi. Apalagi di Bali setiap kabupaten/kota memiliki kesenian tua dan langka yang cukup banyak.

“Jadi kendala yang saya amati adalah, kita belum ada suatu kesepakatan yang jelas antara pemerintah provinsi dengan kabupaten, itu harus dilakukan kesepakatan-kesepakatan yang mana yang harus kita rekontruksi. Sehingga dengan demikian kita bisa memulai kesenian mana yang kita dahulukan,” ujar Ketut Suastika.

Suastika menargetkan rekontruksi terhadap kesenian tua dan langka akan dimulai pada tahun depan, sedangkan pada tahun ini masih tahap perencanaan.

 



Dimana pada tahap awal akan dilakukan rekontruksi terhadap 10 kesenian yang dinilai langka dan tua. 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami