search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemkot Denpasar Bangun Monumen Puputan Badung
Jumat, 26 Agustus 2011, 14:45 WITA Follow
image

google.co.id/perang puputan badung

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Lapangan Puputan Badung akan ditata agar menjadi tempat yang lebih nyaman dan representatif. Monumen Puputan Badung akan dibangun di sebelah utara lapangan. Monumen ini akan dilengkapi museum dan sarana parkir bawah tanah.

Hal tersebut terungkap saat Kepala Dinas Tata Ruang Kota Denpasar, Ir. Gde Kusuma Diputra  mempresentasikan rencana pembangunan monumen Puputan Badung di hadapan para undangan seperti Asisten II Setda Propinsi Bali Arjaya, para ilmuwan, budayawan, DPRD, SKPD dan tokoh-tokoh masyarakat di ruang Wiswasabha Pratama Kantor Gubenur Bali Jumat (26/8).

"Rencana penataan terhadap Lapangan Puputan Badung sudah ada sejak dua tahun yang lalu. Namun karena beberapa sebab rencana tersebut ditunda pelaksanaannya untuk sementara waktu, mengingat rencana ini perlu pengkajian yang lebih mendalam," jelas Gde Kusuma Diputra.

Dalam perencanaannya, pembangunan Monumen Puputan Badung ini akan dibagi menjadi tiga koridor yang meliputi bangunan induk untuk museum, patung dan areal parkir. Beberapa kawasan yang masih berada di seputar koridor seperti kawasan Pemecutan, Thamrin, Gajah Mada dan seputar Lapangan Puputan termasuk Jalan Veteran juga tak luput dari perhatian. Bangunan yang luasnya mencapai kurang lebih 4000 meter2 ini dilengkapi dengan sarana parkir di bawahnya (basement),  diperkirakan mampu menampung 400 unit kendaraan roda empat dan sebagian untuk roda dua.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan salut atas rencana tersebut. Namun ia mengatakan agar tetap diupayakan untuk mengkaji lebih dalam dan lebih spesifik lagi agar masyarakat tahu maksud dan makna dari bangunan tersebut. Sehingga keberadaan bangunan ini nantinya mampu menjelaskan secara keseluruhan tentang makna dan spirit dari patung Puputan Badung tersebut, ujar Gubernur.

“Bagi saya dana nomor dua, yang penting makna dan spirit dari bangunan tersebut”, tegasnya.

 



Dukungan Gubernur tersebut  dibuktikan dengan ditunjuknya Asisten II untuk membantu Pemkot Denpasar dalam merealisasikan bangunan tersbut                
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami