search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
KPK Bekerja Dibawah Tekanan Politik
Jumat, 23 November 2012, 22:21 WITA Follow
image

google.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut mantan Gubernur BI Budiono berperan dalam pemberian dana talangan fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) Bank Century. Terkait hal ini, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman menyebut KPK kini bekerja di bawah tekanan politik.  

"KPK saat ini dibawah tekanan politik dari parlemen. Sepengetahuan saya pak Boediono itu orang baik-baik dan tidak pernah memanfaatkan jabatan untuk korupsi," kata Hayono, dalam keterangan resminya di hari terakhir pertemuan parlemen negara-negara yang tergabung di Organisasi Konfrensi Islam (OKI), di Nusa Dua, Bali, Jumat (23/11/2012).

Hayono Isman menyatakan ada sesuatu yang keliru jika Boediono dijadikan tersangka dalam kasus Century oleh lembaga superbody tersebut. "KPK itu di bawah tekanan politik dari parlemen jadi terpaksa KPK melakukan itu. Bagaimana orang baik seperti Boediono mau dijadikan tersangka saya tidak bisa mengerti," ujarnya.

Hayono Isman menambahkan, Jika Boediono dijadikan tersangka, maka akan berbahaya, karena orang-orang yang baik dan memiliki jabatan tidak akan berani mengambil kebijakan yang penting.

"Berbuat baik nanti akan di KPK kan. Ini khan mengerikan. Kalau pak Boediono dijadikan tersangka terus terang saya terkejut," imbuh Anggota DPR ini. Langkah yang diambil Boediono dalam menyelamatkan Bank Century, kata Hayono Isman, merupakan tindakan yang tepat untuk menyelematkan perekonomian Indonesia pada tahun 2008 agar tidak terpuruk.

Karena jika sampai tidak turun kebijakan dari Bank Indonesia kala itu, akan terjadi krisis ekonomi seperti jaman Soeharto pada tahun 2008.    Sementara mantan deputi gubernur Bank Indonesia Siti Syek Fajriya yang ditetapkan tersangka oleh KPK, juga dianggap Hayono sebagai tekanan Politik. "Bu Siti itu orang baik dan sederhana, silahkan dicek aliran dana yang mengalir ke bu siti maupun kerabatnya. Kita boleh berbeda pandangan namun runtuhnya suatu negara dimulai dari kolapsnya bank-bank kecil.

Maka bank itu (Century) perlu diselamatkan supaya tidak berkembang ke bank-bank yang besar dan langkah Boediono sudah betul. Mengenai orang-orang yang menyalahgunakan kebijakan Boediono silahkan diproses hukum," tutupnya. 

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami