search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Potensi Listrik PLTP Bedugul Capai 600 MW
Kamis, 27 Juni 2013, 13:07 WITA Follow
image

google/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Hasil analisi Badan Geologi menunjukkan bahwa potensi listrik dari pembangkit listrik panas bumi (PLTP) Bedugul Bali jika dikembangkan secara maksimal dapat mencapai 600 megawatt. Potensi tersebut dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di Bali yang saat ini masih mengalami defisit.
 
Kepala Pusat Sumber Daya Geologi Badan Geologi Calvin karo Karo Gurusinga mengatakan PLTP Bedugul pada dasarnya tinggal pengembangan pengoperasian karena sumur induk untuk memutar turbin sudah tersedia. Namun saat ini terhenti karena penolakan warga dengan alasan adanya ketakutan mengeringnya air Danau Beratan akibat pengoperasian PLTP Bedugul. Padahal secara geologi pengoperasian PLTP tidak akan menyebabkan mengeringnya sumber mata air di sekitar PLTP Bedugul.
 


“Sebenarnya kalau itu kita ambil, nanti air yang keluar itu , uap yang keluar jadi air lagi, air itu diinjeksikan lagi ke bawah , jadi sirkulasi dia, jadi praktis hanya diambil panasnya, “ kata Calvin karo Karo Gurusinga.
 
Gurusinga menyatakan, ketakutan akan kerusakan hutan akibat pengembangan PLTP Bedugul juga sangat tidak beralasan. Sebab lahan hutan yang digunakan untuk pengembangan PLTP Bedugul hanya untuk ruang turbin, perkantoran dan akses jalan. (mlt)
 

Reporter: bbn/sin



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami