search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Indonesia Raih Kemenangan Pertama Dalam HWC 2013
Selasa, 13 Agustus 2013, 16:52 WITA Follow
image

Beritabali.com/Ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Beritabali.com, Polandia. Tim nasional Indonesia meraih kemenangan pertamanya dalam Homeless World Cup 2013 Danau Malta, Poznan, Polandia, Minggu (11/8).

Delapan pemain yang terdiri dari empat orang miskin kota, tiga orang dengan HIV/AIDS  dan seorang mantan pecandu ini sukses mengandaskan perlawanan juara dua kali dalam ajang tersebut, Skotlandia, dengan skor 4-6 (3-5).

Indonesia sempat kebobolan pada awal babak pertama. Kiper Indonesia Ujang Yakub gagal mengantisipasi tendangan terukur dari pemain Skotlandia. Kedudukan baru berimbang saat Sendi mencetak gol balasan.

Gol pemain asal Jawa Barat itu membangkitkan semangat pemain lain. Berturut-turut Nico Pernando dan Dimas Saputra Ramadhan menambah tiga gol buat Indonesia. Kedudukan menjadi 1-4 untuk Indonesia.

Dua menit sebelum pertandingan berakhir, pemain Skotlandia memperkecil kedudukan menjadi 3-4. Pada menit akhir giliran Indonesia yang menambah gol lewat penempatan bola ke sisi kanan oleh Sendi. Pertandingan pada tujuh menit pertama berakhir dengan kedudukan 3-5 buat Indonesia. Memasuki babak kedua, masing-masing tim hanya berhasil menambah satu gol. Kedudukan berakhir dengan skor 4-6 untuk Indonesia.

Pelatih Indonesia, Bonsu Hasibuan mengatakan kemenangan awal ini sangat penting buat memuluskan langkah selanjutnya. "Mental anak-anak masih belum lepas. Ini pertandingan pertama sudah pasti berat," kata Bonsu.

Pertandingan ini juga disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Darmansjah Djumala beserta istri dan para staf kedutaan serta mahasiswa asal Indonesia yang ada di Polandia. "Selamat, semoga bisa terus berlanjut prestasinya," kata Darmansjah yang langsung turun dan memberi selamat para pemain.

Bonsu mengatakan peluang Indonesia cukup besar untuk lolos dari babak kualifikasi. Namun demikian dia tidak mau memandang rendah lawan-lawannya. Apalagi pada pertandingan hari pertama, Argentina berhasil mengalahkan Wales dengan skor ketat 4-5.  Tim lain yang ada di Grup G bersama Indonesia adalah India.

"Kita tetap mewaspadai tim-tim tersebut. Semuanya tergantung para pemain. Karena ini adalah momen sekaligus waktu buat mereka membuktikan hasil latihannya selama ini," ujar Bonsu.

Homeless World Cup (HWC) adalah kompetisi sepakbola internasional tahunan, yang menyatukan lebih dari 300.000 orang terkait ketunawismaan dan yang termarjinalkan secara sosial (termasuk Orang dengan HIV/AIDS) agar mendapatkan kesempatan sekali seumur hidupnya untuk mewakili negara serta mengubah kehidupannya. Homeless World Cup didukung oleh UEFA, dan klub-klub besar dunia seperti Manchester United, Real Madrid, Ambassador Eric Cantona dan pesepakbola internasional seperti Didier Drogba dan Rio Ferdinand.

Pada tahun ini kompetisi Homeless World Cup (HWC) berlangsung di Poznan, Polandia mulai 10 - 18 Agustus 2013. Prestasi Timnas Indonesia yang dimotori oleh Rumah Cemara terbilang cemerlang selama dua kali mengikuti kejuaraan ini sebelumnya. Pada HWC  2011 di Perancis, Timnas Indonesia meraih peringkat ke-6, predikat tim terbaik, serta salah seorang pemainnya, Ginan Koesmayadi menjadi pemain terbaik. Pada HWC 2012 di Meksiko, prestasi timnas naik menjadi peringkat ke-4, serta meraih prestasi lain yaitu pelatih terbaik.  (ctg/*)
 

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami