search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Parade Gebogan Dan Pembagian Kacamata Pecahkan Muri
Kamis, 28 November 2013, 20:13 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

BeritaBali.com, Tabanan. Dua kegiatan dalam rangka HUT Kota Tabanan ke 520 yakni pembagian kacamata gratis kepada para usia lanjut, dan parade gebogan yang digelar, Kamis (28/11) memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia).

Kacamata plus gratis untuk para usia lanjut dibagikan sebanyak 5524 kacamata. Pembagian kacamata gratis itu dilaksanakan pagi hari di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan. Sementara itu parade gebogan, yang mulai sekitar pukul 15.00 Wita, menampilkan sekitar 544 gebogan dari target awal 520 gebogan.

Parade gebogan yang pesertanya diikuti oleh ibu-ibu istri pekaseh se Kabupaten Tabanan dengan jumlah 228, dan 64 kelompok tani. Dari jumlah tersebut masing-masing mengirim 2 buah gebogan.

Parade yang menampilkan 544  gebogan mengambil start dari depan kantor Bupati Tabanan yang dilepas sekitar pukul 15.00 menuju Taman Kota. Iring-iringan gebogan melintasi jalan Pahlawan, Gajah Mada dan Jalan Gunung Batur kemudian finish di Taman Kota.

Selain 544 gebogan, ada juga barong yang terbuat dari padi dan palawija, serta tiga sepeda motor yang dihiasi hasil perkebunan Tabanan. Tiba di Taman Kota, iring-iringan parade gebogan, disambut oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, didampingi Made Dwi Supurta, Pangdam IX Udayana, Wabup Sanjaya beserta Nyonya. Tampak Juga Kapolres Tabanan AKBP Dekananto, Dandim Letkol Rudi Hermawan.

Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Tanaman Pangan Tabanan, Nyoman Budana mengatakan, parade gebogan melibatkan 288 pekaseh dan kelompok tani sebanyak 64. "Jadi total gebogan yang ada sebanyak  544 buah, dengan tinggi gebogan 50 cm, " jelasnya.

Dikatakan buah yang digunakan sepenuhnya buah lokal Tabanan. Seperti jeruk, apel, mangga, nanas, manggis, tomat, buah naga, jeruk bali, sawo, belimbing, markisa, pisang, jambu, kelapa, mengkudu, dan alpukat.

"Tujuan kegiatan ini adalah mengangkat  buah lokal yang sempat ditinggalkan. Buah lokal Tabanan berpotensi dikembangkan karena disamping untuk konsumsi juga untuk kebutuhan   upacara agama," jelasnya. Dikatakan jumlah buah yang digunakan  sebanyak 20 ton.

Perwakilan Muri, Ida setelah mengamati dan menghitung jumlah gebogan dan kacamata gratis yang dibagikan. Menyatakan dua kegiatan yang digelar Pemkab Tabanan, mampu memecahkan rekor MURI. Museum Rekor Indonesia. Pada kesempatan itu Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Kepala Dinas Kesehatan Nyoman Suratmika dan Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hotikultura, I Nyoman Mudana menerima penghargaan MURI.

Sedangkan dua kegiatan sebelumnya juga dalam rangka HUT Kota Tabanan yakni BATATA 2 Bhayangkara Trail Adventure Tabanan berhasil memecahkan rekor Muri dengan peserta terbanyak yakni 3200, dan kegiatan sate lilit masal juga mampu menembus MURI. (nod)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami