search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kebocoran Jantung Kini Sembuh dengan Lem Super
Selasa, 14 Januari 2014, 08:42 WITA Follow
image

inilah.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kebocoran di jantung kini bisa diobati dengan penemuan para ilmuwan berupa superglue atau lem super. Bagaimana cara memakainya? Jika ada bayi atau pasien yang mengalami kebocoran jantung, dokter harus bertindak cepat untuk mengobatinya.

Perekat bedah yang ada saat ini seperti teknik jahitan, memiliki sejumlah kelemahan, diantaranya bisa menjadi racun, dan bisa berubah posisi jika basah. Akibatnya, pasien harus kembali dioperasi untuk menambal lubang tersebut.

Namun kini para ilmuwan menemukan HLAA (Hydrophobic Light-Activated Adhesive, atau lem super untuk memperbaiki kebocoran jantung, serta cacat pada organ dan bagian tubuh lainnya.

Lem super ini terinspirasi dari cairan lengket dan kental tetapi antiair, yang dikeluarkan oleh binatang seperti siput. Lem super ini dikembangkan Boston Children Hospital dan MIT(Massachusetts Institute of Technology) dan sejumlah lembaga lainnya, demikian dilansir Gizmag.

HLAA bersifat biocompatible, biodegradable, dan memiliki elastisitas konsisten. Perpaduan kualitas ini mengartikan kekuatannya tidak akan terpengaruh oleh darah, kontraksi otot jantung, dan akan menghilang secara alami ketika kebocorannya telah tertutup atau bisa dikatakan sembuh.

Lem super ini dapat merekat sangat cepat, hanya membutuhkan waktu lima detik saja dengan bantuan sinar UV. HLAA kini sedang dikembangkan secara komersil oleh perusahaan biomedis yang berbasis di Paris, dan diharapkan dapat dipasarkan dalam kurun waktu dua atau tiga tahun lagi.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami