search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dewa Gede Palguna Diharap Mampu Kembalikan Wibawa MK
Jumat, 13 Maret 2015, 00:00 WITA Follow
image

bbn/net/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Putra Bali, I Dewa Gede Palguna, terpilih sebagai hakim MK dari unsur pemerintah. Sementara Suhartoyo terpilih dari unsur MA. Terpilihnya I Dewa Gede Palguna dan Suhartoyo diharapkan menjadi energi baru untuk Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kedua hakim baru tersebut diharapkan mampu mengembalikan marwah MK yang sempat robek akibat akrobat hukum dan transaksi keputusan yang dilakukan Akil Mochtar," ujar Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di Jakarta, Rabu (7/1/2015). DPP PDIP mengucapkan selamat atas terpilihnya I Dewa Gede Palguna sebagai hakim MK dari unsur pemerintah dan Suhartoyo dari unsur MA.

Menurut Hasto, menjadi hakim MK harus memiliki sikap kenegarawanan dan mampu berdiri kokoh dari tarik menarik kepentingan politik di luar. PDIP berkomitmen untuk menempatkan MK sebagai bagian dari kekuasaan kehakiman yang merdeka, profesional, dan selalu menjunjung tinggi keadilan di dalam seluruh proses peradilan yang dijalankan.

Hakim MK memiliki tugas yang sangat penting dan keputusannya bersifat final dan mengikat. Karena itulah para hakim MK harus memiliki integritas dan kepribadian yang tidak tercela.

"Hakim MK juga harus bersikap adil, dan negarawan yang menguasai konstitusi dan ketatanegaraan," tambah Hasto. DPP PDIP juga mengapresiasi atas kerja keras penuh integritas yang dilakukan Pansel MK yang dipimpin oleh Saldi Isra dan Refli Harun.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami