search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
MUI Tabanan : Sholat Gerhana Pas Nyepi Dilaksanakan di Rumah Masing-Masing
Kamis, 3 Maret 2016, 06:00 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tabanan sepakat bagi umat muslim di Tabanan tidak menggelar sholat sunah  berjamaah bertepatan dengan hari Raya Nyepi tanggal 9 Maret 2016. Sholat sunah terkait gerhana matahari tersebut, disepakati dilaksanakan di rumah masing-masing. 
 
Kemufakatan itu diungkapkan oleh Perwakilan MUI Kabupaten Tabanan H. Anwar dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Dalam Rangka Pengamanan Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938 di Ruang Rapat Utama Polres Tabanan, Rabu (2/3/2016).
 
Dikatakannya, Sholat Sunah Gerhana Matahari yang jatuh bertepatan dengan pelaksanaan  Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1938 tidak akan dilaksanakan secara berjemaat namun dilaksanakan di rumah masing-masing untuk menghormati umat Hindu yang melaksanakan Hari Raya Nyepi.
 
“Hasil musyawarah tersebut diambil untuk menghormati umat Hindu dan tetap menjunjung tinggi solidaritas agar tidak mengganggu umat Hindu yang melaksanakan Hari Raya Nyepi. Hasil rapat ini juga akan di sosialisasikan dalam Rapat FKUB Kabupaten Tabanan, ” jelasnya.
 
Sementara itu Wakapolres Tabanan, Kompol Leo Martin Pasaribu pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat Tabanan ikut menciptakan situasi kamtibmas khususnya selama perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1938 yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. 
 
“Situasi kamtibmas adalah harga mati, oleh sebab itu untuk menciptakannya kita harus bersinergi,” ujar Kompol Leo.
 
 
Dikatakanya, menjelang Hari Raya Nyepi banyak aktifitas yang dilakukan oleh warga mulai dari membuat ogoh-ogoh, Melasti, Tawur Kesanga, dan Pengerupukan dengan mengarak ogoh-ogoh, oleh sebab itu perlu sinergitas yang baik untuk menciptakan situasi kamtibmas.Rapat koordinasi tersebut juga dihadiri pihak Dandim 1619 Tabanan, Pemda Tabanan, seluruh Kapolsek, dan Para Camat se-Tabanan. 

Reporter: bbn/nod



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami