search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Parkir Tertata, Pemedek di Pura Besakih Nyaman
Sabtu, 15 April 2017, 09:36 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Malam minggu yang juga bertepatan dengan hari raya Kuningan diyakini akan terjadi lonjakan pemedek yang datang ke Pura Agung Besakih untuk melaksanakan persembahyangan dalam rangkaian Upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh.
 
“Berdasarkan pengalaman sudah diprediksi akan terjadi lonjakan pemedek apa lagi saat menjelang hari libur dan malam minggu, puncaknya diperkirakan terjadi saat sore dan malam hari,“ ujar bagian juru parkir Manajemen Oprasional (MO) Besakih Nyoman Dipa.
 
[pilihan-redaksi]
Karena itu pihaknya sudah mengantisipasi jika terjadi lonjakan pemedek dengan mempersiapkan enam tempat parkir yang diperkirakan bisa menampung kendaraan pemedek hingga 1000 kendaraan besar maupun kecil.
 
"Keenam tempat parkir ini termasuk tempat parkir pribadi ditambahkan," tambah Nyoman.
 
Selain mempersiapkan tempat parkir juga dilaksanakan penataan pedagang kios dan lapak. Kegiatan penataan difokuskan untuk pedagang-pedagang lapak musiman. 
 
Penertiban ini sendiri dimulai dari kawasan Kedungdung hingga Manik Mas, yang berjumlah sekitar 400 pedagang. Para pedagang lapak musiman kemudian diarahkan agar berjualan pada tempat yang sudah disediakan oleh panitia MO seperti di bawah Balai Sasana Budaya. 
 
Ini dilakukan semata-mata demi kenyamanan pemedek dan kelancaran arus lalu lintas. 
 
“Mumpung hari libur saya sempatkan untuk sembahyang ke Pura Besakih, untuk penataanya sudah bagus, Sekarang sudah lebih nyaman dari tahun sebelumnya,” ujar Lestari (26) asal selat karangasem.  [igs/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami