search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Over Load Siswa, UN SMP Pinjam Sekolah SD
Rabu, 3 Mei 2017, 18:03 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Beritabali.com,Tabanan. Efek menerima siswa melebihi kuota dirasakan SMPN 2 Tabanan saat menggelar Ujian Nasional (UN). Mereka kekurangan kelas, akibatnya harus meminjam kelas di SDN 6 Delod Peken. 
 
[pilihan-redaksi]
Ketua Panitia UN SMPN 2 Tabanan, I Nyoman Sarna, Rabu (3/5) mengatakan selama UN berlangsung pihaknya tetap meminjam kelas di SDN 6 Delod Peken. Hal ini dikarenakan jumlah kelas di SMPN 2 hanya 22 ruangan. 
 
Sedangkan jumlah siswa mencapai 511 orang, semestinya ada 26 ruangan. 
 
"Karena sesuai aturan setiap kelas harus berisi 20 orang, makanya kami pinjam 4 ruangan si SDN 6 Delod Peken," jelas Sarna. 
 
Pihaknya harus meminjam kelas di SD karena SMPN 2 Tabanan ada 45 ruangan. Hanya saja sudah dipakai ruang untuk pengawas, ruang panitia dan lainya, sehingga 4 ruangan dipinjam di SDN 6 Delod Peken yanh berjarak sekitar 300 meter dari SMPN 2 Tabanan. 
 
"Dari jumlah 511 idealnya harus ada 26 ruangan pokok, tetapi sudah tidak ada tempat disekolah kami," terang Sarna. 
 
Ia berharap tahun depan sistem rayon bisa diterapkan di Tabanan sehingga mampu membatasi jumlah siswa. 
 
Sementara, Di SMPN 1 Kediri, pelaksanaan Ujian Nasional Kertas Pensil yang diikuti 373 siswa berjalan lancar. Kepala SMPN 1 Kediri Sagung Raka Suartini menjelaskan pihaknya memiliki 19 ruangan, dan tidak sampai meminjam ruangan di sekolah lain. 
 
Terkait belum bisa menggelar UNBK, pihaknya mengaku kekurangan sarana dan prasarana. Hanya memiliki 40 kumputer dan satu laboratorium. 
 
[pilihan-redaksi2]
“Idealnya harus ada komputer 170 buah dan ada 3 lab,” jelasnya. 
 
Di lain pihak, Ketua Dewan Pendidikan, I Wayan Madra Suartana sangat menyayangkan pelaksaan UN SMP sampai meminjam kelas di Sekolah SD. 
 
"Begini jdinya dampak siswa yang overload," jelasnya. 
 
Ia berharap kejadian ini tidak terulang lagi di masa masa mendatang. Apabila semua berkomitmen memajukan pendidikan di Tabanan. [nod/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami