search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Warga Desa Sogra Selat Cemas, Bangunan Rumah Banyak Retak
Rabu, 4 Oktober 2017, 09:12 WITA Follow
image

ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Warga Desa Sogra, Selat, Karangasem dilanda kecemasan, pasalnya beberapa bangunan rumah yang berada desa tersebut dikabarkan mengalami keretakan.

[pilihan-redaksi]

"Ya katanya ada beberapa rumah yang mengalami retak di Desa Sogra," ujar Dedik salah satu warga setempat yang kebetulan berada dipos jaga Desa Amertabhuana.

Retakan tersebut banyak mengundang tanya sehingga menimbulkan berbagai spekulasi di masyarakat. Bahkan ada warga yang menyebut retakan tersebut ada kaitannya dengan rekahan magma di Gunung Agung. Kekhawatiran tersebut menjurus kepada kemungkinan akan meletusnya Gunung Agung di bagian lereng.

Kepala bidang Mitigasi Gunung Api Kementrian ESDM I Gede Suantika di pos pantau Gunung Api Rendang mengatakan keretakan tersebut disebabkan gempa yang terjadi terlebih di dekat kawah gunung. Dirinya juga mengatakan di Desa Besakih juga terjadi retakan dibeberapa rumah warga.

"Itu karena gempa, kalo memang karena rekahan magma pasti dari retakan tanah akan tercium bau gas blerang," ujarnya.

Menurutnya hal apapun bisa terjadi di Gunung Agung. Terbukti hari ini intensitas gempa turun cukup drastis, perubahan tersebut memiliki hal positif dan negatifnya. Disatu sisi kemungkinan akibat kekuatan magma yang mulai menurun, jika perlahan teus terjadi penurunan maka status gunung agung pun kemungkinan akan diturunkan juga.

Sementara sisi negatifnya, jika tiba-tiba intensitas turun, itu patut diwaspadai, bisa saja Magma sedang mengumpulkan energi didasar perut bumi yang kemudian akan seketika menerobos ke atas yang pastinya akan menyebabkan ledakan yang luar biasa bahkan sangat dahsyat. [igs/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami