search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Semoga Proyek Underpass Ngurah Rai Tidak Bermasalah, Ini Catatannya
Senin, 26 Februari 2018, 09:05 WITA Follow
image

beritabalicom/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Banyak pihak berharap proyek pembangunan underpass Ngurah Rai, baik dalam proses pembangunanya, hingga nanti kedepan pasca selesai tidak muncul permasalahan.
 
Meski demikian, rupanya juga tidak sedikit yang justru menyangsikan proyek strategis nasional ini dapat rampung tepat pada waktunya (sesuai kontrak kerja) kisaran bulan Oktober 2018.
 
[pilihan-redaksi]
Belum lagi persoalan lainnya sebagaimana yang sudah terangkum dari berbagai sumber. Dimana terdapat beberapa catatan-catan menarik terkait pembangunan yang menghabiskan anggaran sekitar Rp. 326 miliar.
 
Diantara catatan yang dimaksud, antara lain disebutkan oleh sumber di internal pemkab Badung, bahwa proses pembebasan lahan, ada warga yang belum sepakat.
 
Kemudian berkaitan dengan mulai dikeluhkannya dampak kemacetan parah di seputar proyek. Dimana baru-baru ini ramai diperbincangkan di media sosial, 32 wisatawan asal perancis ketinggalan pesawat.
 
Lanjut ke catatan berikutnya, akan berdampaknya pada pelayanan publik seperti salah satunya layanan air minum. Karena dipastikan akan terjadi pemindahan infrastruktur pipa milik PDAM Badung.
 
Beralih ke ranah lingkungan hidup, proyek ini diketahui juga berdampak pada penebangan beberapa pohon mangrove. Yang kemudian jadi pertanyaan, bagaimana proses penggantinya. Apakah sudah disesuaikan dengan aturan yang ada.
 
Lalu yang tak kalah penting adalah, proyek yang dimenangkan Adhi Karya Jo Nindya Karya ini ternyata tidak didampingi oleh tim TP4D Kejaksaan.
 
Perihal kepastian tidak adanya pendampingan tim TP4D Kejaksaan di proyek ini, dihembuskan oleh sumber internal lingkungan Kejati Bali.
 
[pilihan-redaksi2]
Dengan kata lain, meski tidak sedikit pihak meragukan selesai tanpa ada masalah, terlebih dengan tempo singkat pengerjaannya. Maka dapat dipastikan, pemenang tender nampaknya memang sudah sangat percaya diri bisa menyelesaikan proyek tersebut tanpa kedepannya ada masalah.
 
Sekali lagi, pihak kontraktor belum bisa dikonfirmasi. Namun yang pasti, proyek nasional ini memang sedang dikejar waktu penyelesaiannya. Meski demikian tentunya masyarakat juga sangat berharap, agar jangan sampai mengabaikan dampak, khusunya kemacetan lalu lintas pariwisata.[bbn/tim/psk]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami