search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Command Center di ITDC Dilengkapi Teknologi Pengenalan Wajah
Minggu, 16 September 2018, 15:40 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com,Badung. Command Center yang baru selesai dibangun di Kawasan ITDC, Nusa Dua tersedia teknologi canggih Pengenalan Wajah (Facial Recognition) yang fungsinya bisa mengenali orang dimana jika terdapat orang yang masuk daftar polisi akan langsung teridentifikasi. 
 
[pilihan-redaksi]
"Tidak hanya itu, ada juga integrasi dengan BMKG dan BNPB. Apabila ada evakuasi atau bencana langsung terhubung dengan BNPB, semua terpadu untuk security, monitoring dan koordinasi dengan instansi lain," ujar Dirut ITDC, Abdulbar M Mansoer Sabtu (15/9).
 
Lebih lanjut, ia memaparkan dalam Command Center akan ada tiga fungsi, Pertama fungsi keamanan kawasan, kedua fungsi keamanan acara, ketiga koordinasi dengan wilayah yang juga akan terhubung dengan Polda dan Kodam sehingga pada waktu acara langsung bisa dimonitor.
 
Pembangunan Command Center ini dalam rangka menyambut IMF yang nantinya akan dapat mengintegrasikan semua elemen dalam tugas gabungan. Sebelumnya, kata dia tersedia pos komando yang memang tidak permanen. Namun tahun di tahun ini karena, IMF merupakan event yang besar, maka disiapkan bangunan permanen dengan luas 400m2. 
 
Sementara untuk kesiapan kamar di ITDC, saat ini sudah disiapkan sebanyak 5.300 kamar dari sebelumnya hanya 4.900 kamar. Bahkan seluruhnya sudah penuh (full booked). Selama IMF-WB Annual Meeting berlangsung, kawasan ITDC dikatakannya akan ditutup untuk umum.
 
Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan secara keseluruhan persiapan sudah mencapai 94-95 persen. Guna mengatisipasi kesiapan pengamanan kawasan juga menjadi perhatian. Untuk itu, pihak panitia juga menyiapkan pos komando monitoring keamanan (command center).
 
[pilihan-redaksi2]
"Bertempat di kawasan ITDC, command center ini nantinya bisa mengintegrasikan semua elemen dalam tugas gabungan. Mabel TNI dan Mabes Polri sudah melakukan kerjasama yang sangat baik. Kita berharap semua bisa terpadu. Bukan untuk menghadapi masalah, namun juga untuk mengatur flow kegiatannya supaya bagus," ucapnya.
 
Tidak hanya di kawasan ITDC, menurutnya di Polda Bali juga disiapkan pos yang lebih detail dalam operasi-operasi yang lain. Dengan menggunakan 600 titik cctv yang terpasang di seluruh kawasan akan bisa memonitor semua wilayah di ITDC.
 
"Tidak hanya di Bali, juga lombok, Banyuwangi sampai kesiapan semua. Bahkan semua sudah terkoneksi dengan Bandara lain. Ini bisa dibawah satu komando dari panglima komando operasi gabungan," pungkasnya. (bbn/aga/rob)

 

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami