search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tersangka Mantan Pilot Wings Air Pencuri Jam Mengaku Seorang Kleptomania
Rabu, 27 Maret 2019, 08:51 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Rakyatku news

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Tersangka PS (21), mantan Pilot Wings Air asal Palmerah Jakarta Barat pencuri jam tangan di RKP Shop IDP (Inti Dufree Promosindo) di lantai 2 Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai, Selasa (29/1) sekira pukul 21.15 Wita lalu ternyata seorang kleptomania. 
 
[pilihan-redaksi]
Kleptomania adalah suatu kondisi yang termasuk ke dalam kelompok gangguan kendali impulsif, yaitu ketika penderita tidak dapat menahan diri untuk mengutil atau mencuri. Meski jarang terjadi pada seseorang, namun penyakit mental ini membuat penderitanya terganggu secara emosional, sehingga malu untuk mencari pengobatan.
 
Dari hasil pemeriksaan penyidik Unit Reskrim Polsek Kawasan Udara Ngurah Rai, Menurut Kapolsek Kawasan Udara Ngurah Rai, Kuta, Kompol Agung Raka Nugraha, tersangka Putra Setiaji yang ditangkap dalam kasus pencurian jam tangan di Bandara Ngurah Rai, masih menjalani pemeriksaan penyidik. 
 
“Tersangka kami tahan sambil menunggu proses pelimpahan berkas ke Kejaksaan,” ungkapnya, Selasa (26/3). 
 
Di pemeriksaan terungkap, tersangka mengaku seorang kleptomania. Pengakuan tersangka juga diamini pihak keluarganya saat diperiksa penyidik menjadi saksi. Hanya saja, pihak kepolisian belum berhasil mengungkap kasus pencurian lain yang dilakukan oleh tersangka PS. 
 
“Tersangka ini seorang kleptomania. Orangtuanya juga mengakuinya. Kalau kasus pencurian jam tangan di Bandara baru sekali, tapi kalau di tempat lain diakuinya sudah sering,” ujar Kapolsek. 
 
Kompol Agung kembali menjelaskan, pencurian jam tangan tersebut dilakukan tersangka Putra Setiaji saat dirinya usai mengantar istrinya ke Jakarta. Pria asal Palmerah Jakarta Barat itu pulang melewati RKP Shop IDP (Inti Dufree Promosindo) di lantai 2 Terminal Domestik Bandara Ngurah Rai, Selasa (29/1) sekira pukul 21.15 Wita lalu. “Istrinya ini sedang hamil,” ujar Kapolsek. 
 
Nah, setelah melewati RKP Shop IDP, tersangka melihat 1 buah jam tangan merek Seiko warna hitam kombinasi orange seharga 4.950.000 di dalam box yang ditaruh di atas meja. Melihat tidak ada penjaga, secepat kilat tangan tersangka mengambilnya. 
 
[pilihan-redaksi2]
Kasus pencurian ini terungkap setelah dilaporkan oleh Gandi Saptana karyawan (44), karyawan di RKP Shop IDP. Saksi sebelumnya sempat berkoordinasi dengan security Bandara, yakni I Gede Eka Putra untuk mengecek CCTV di TKP RKP Shop IDP. Dari hasil rekaman CCTV tersebut, terekam seorang pria mengambil jam tangan tersebut. Namun untuk mengetahui siapa pelakunya, RKP Shop IDP berkoordinasi dengan pihak Avsec Bandara. Setelah diselidiki, pelaku pencurinya adalah seorang Pilot Wings Air. 
 
Selanjutnya, pihak Avsec Bandara berkoordinasi dengan perusahaan Lion Grup. Walhasil, Rabu (30/1) sekira pukul 11.40 Wita, pihak perusahaan Lion Grup bagian FOD, diwakili Hadi menyerahkan tersangka kepada pihak IDP untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Akhirnya, tersangka PS dijebloskan ke tahanan Polsek Kawasan Udara Ngurah Rai. (bbn/Spy/rob)

Reporter: bbn/bgl



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami