search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Plasma Nutfah Sapi Bali, Sumber Daya Genetik Kebanggaan Bali
Rabu, 3 April 2019, 21:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Beritabali.com, Tabanan. Plasma nutfah sapi Bali merupakan sumber daya genetik kebanggaan Bali yang harus tetap dijaga. Dalam upaya pelestarian plasma nutfah sapi Bali telah dilakukan melalui proses produksi dan pendistribusian semen (sperma) beku dari sapi Bali.

[pilihan-redaksi]
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat meninjau Unit Ppelaksana Teknis (UPT) Balai Inseminasi Buatan Daerah (BIBD) Provinsi Bali di Baturiti, Tabanan, Rabu (3/4).

Menurut Dewa Indra, Sapi Bali memiliki banyak keunggulan karena memiliki penampilan, produksi dan reproduksi yang sangat baik. Sehingga UPT BIBD memegang peranan yang sangat penting dalam pelestarian sapi Bali sekaligus pelestarian keragaman hayati yang dimiliki Bali.

"Untuk itu pastikan ketersedian semen beku  selalu ada dan berkesinambungan, sehingga sapi Bali terus menjadi sapi yang unggul dan keberadaannya tetap  lestari," tegas Dewa Indra.

[pilihan-redaksi2]
Dewa Indra berharap agar kedepannya UPT BIBD dapat terus meningkatkan kerjasama dan sinergitas berbagai pihak. Terutama dalam kerangka kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak, dengan demikian layanan penyediaan bibit unggul kepada masyarakat akan tetap optimal. 

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali I Wayan Mardiana menyampaikan bahwa UPT BIBD memiliki tugas pokok dan fungsi untuk memproduksi dan mendistribusikan semen beku. Semen itu sendiri adalah mani yang berasal dari pejantan unggul yang digunakan untuk inseminasi buatan.

Semen beku tersebut kemudian disimpan dalam kontainer kriogenik yang berisi nitrogen cair pada suhu - 196 derajat Celcius. Semen beku  sapi  yang mengandung bibit unggul inilah yang nantinya disebarkan ke tengah  masyarakat. [bbn/humaspemprov/mul]

Reporter: Humas Bali



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami