search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mendulang Kunjungan Wisatawan ke Kota Tomohon Lewat Festival Bunga Internasional
Sabtu, 29 Juni 2019, 15:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Badung. Kota Tomohon yang terletak di Sulawesi Utara berharap dengan even Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik sebanyak 235 ribu wisatawan domestik dan 15 ribu wisatawan mancanegara. 
 
[pilihan-redaksi]
Wali Kota Tomohon Jimmy Feide Eman, SE. Ak, CA mengatakan selain mengandalkan sejumlah destinasi wisata, Tomohon setiap tahunnya mengadakan even tematik yang mempromosikan potensi pariwisatanya yakni dengan festival bunga TIFF untuk menarik kunjungan wisatawan. Tahun ini yang menginjak di tahun ke-9, lanjutnya, TIFF mengangkat tema "9reatest Love of All" yang dimulai pada 2-11 Agustus 2019.
 
Berkah Gunung Lokon, kata dia, memberi anugerah tanah yang ditumbuhi bunga endemik yang khas hanya mampu ditanam di Tomohon. Dengan potensi tersebut, maka, ide membuat festival bunga ini terbersitlah membuat festival bunga. Dimulai pada tahun 2008 awalnya terselenggara tiap dua tahun sekali, hingga pada tahun 2015 even yang mulai menggaung di internasional dan masuk dalam 100 kalender even tahunan Kementrian Pariwisata RI ini mulai diadakan tiap tahun hingga sekarang.
 
Selain berdampak kunjungan, Jimmy menyebut proyeksi transaksi selama penyelenggaraan TIFF adalah sebanyak Rp18-20 miliar. Meski dengan anggaran tahun ini sebesar Rp2 miliar, ia berharap pendapatan tambahan dari para sponsor untuk menambah semarak even. "Dari mulai petani, pedagang, akomodasi hingga pengusaha transport untuk kendaraan hias semua mendapat imbasnya," ujarnya, Jumat (29/6) di Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) 2019 di BNDCC, Nusa Dua.
 
Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar M Ricky Fauziyani mengatakan 
selama ini terdapat 3 pangsa pasar negara yang berkunjung ke Sulawesi Utara dan khususnya di Tomohon diantaranya Tiongkok di posisi pertama, diikuti Jerman, Amerika Serikat, Singapura, dan Australia. 
 
Dampak nyata even TIFF adalah peningkatan kunjungan wisatawan di kota Tomohon yang terdata berjumlah 89.736 wisman pada 2017, naik 1,3% di tahun 2018 sebesar 90.907. Demikian juga untuk wisatawan domestik tahun 2017 terdatat 455.679 di tahun 2018 naik 1,8% menjadi 461.094 orang.  Tahun ini Kota Tomohon menargetkan kunjungan wisman sebesar 92.260 wisatawan dan 499.120 wisdom pada rangkaian TIFF 2019.   
 
"Dan untuk periode Januari hingga April 2019 wisman di Tomohon sudah tercatat mencapai 44.546 orang," sebutnya.  
 
[pilihan-redaksi2]
Ia menambahkan adapun beberapa negara untuk berpartisipasi dalam TIIF kali ini diantaranya Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India, Rusia, Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Filipina, dan Hongkong. Selanjutnya ada Thailand, Selandia Baru, India, Polandia, Jepang, Australia, Tiongkok, Singapura, Sekretariat Nasional Asean, dan Council of Asian Flower Exhibition (CAFE). 
 
Disamping karnaval, festival TIFF dilakukan serangkaian kegiatan diantaranya turnamen bunga, Jungle Flower Enduro Challenge, kontes ratu bunga, Kawanua International Bussiness Forum, MURI record Setting, Music Showcase, Tourism, Trade, and Floriculture expo, Arta and Cultural Performance dan thanskgiving Day. (bbn/adv/rob) 

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami