search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gunung Agung Kembali Masuki Fase Istirahat
Senin, 12 Agustus 2019, 15:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Hampir dua bulan sejak terakhir kali Gunung Agung mengalami erupsi hingga kini Gunung tertinggi di Bali ini belum menampakkan aktivitasnya kembali.
 
[pilihan-redaksi]
Padahal sejauh ini, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan status Gunung Agung berada dilevel III Siaga dengan radius zona perkiraan bahaya empat kilometer dari puncak kawah Gunung Agung.
 
Terkait aktivitas Gunung Agung, Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, dr. Devy Kamil Syahbana dikonfirmasi mengatakan, aktivitas Gunung Agung saat ini memang sedang agak tenang. Secara kegempaan juga relatif menurun. Namun demikian, dari data deformasi masih merekam ada indikasi tekanan magma meskipun volumenya belum terlalu signifikan.
 
 "Oleh karena itu, meskipun kondisinya saat ini relatif tenang, Gunung Agung masih berpotensi erupsi," ujarnya belum lama ini.
 
[pilihan-redaksi2]
Fase istirahat saat ini bukan pertama kalinya terjadi, tahun lalu juga Gunung Agung sempat istirahat bahkan lebih dari 5 bulan tidak erupsi dari 27 Juli 2018 dan baru erupsi kembali di Desember 2018. Menurutnya, hal ini lumrah terjadi untuk Gunung Agung. 
 
Masyarakat perlu bersabar dengan kondisi seperti ini dan untuk mengantisipasi potensi ancaman bahaya Gunung Agung, agar tetap mengikuti rekomendasi PVMBG
 
"Tetap patuhi rekomendasi, jangan ada pendakian atau aktivitas masyarakat di dalam radius 4 km, kita tunggu sampai Gunung Agung benar-benar tidur panjang lagi," tegas Devy Kamil. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami