search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sidak Galian C, Dewan Karangasem Temukan Puluhan "Kupon Sakti"
Rabu, 25 September 2019, 15:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Dewan Karangasem menggelar sidak Galian C dan Pos Pengawasan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan yang berada di wilayah Dusun Umanyar, Desa Ababi, Abang, Karangasem pagi ini, Rabu (24/09/2019).
 
[pilihan-redaksi]
Dalam sidak yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana bersama Wakilnya Ketua, I Nengah Sumardi dan Komisi III tersebut, Dewan mendapati puluhan truk lalu lalang mengangkut material pasir. Yang menjadi sorotan justru setelah dicek ke pos pengawasan pajak, bukannya menemukan faktur pajak, dewan justru mendapati puluhan kupon putih menyerupai karcis parkir yang di dalamnya tertulis sejumlah nama tokoh sebagai penanggung jawabnya.
 
Usut–punya usut, kupon putih tersebut rupanya disetor oleh para sopir truk pengangkut pasir. Salah seorang anggota Komisi III sempat bertanya kepada salah seorang sopir yang kebetulan lewat dan bermaksud akan menyetorkan kupon tersebut. Menurutnya, kupon putih tersebut didapatnya ketika membeli pasir. Dimana dirinya membeli pasir seharga Rp.400 ribu plus mendapatkan kupon sakti tersebut. 
 
Dari puluhan kupon abu-abu tersebut, petugas hanya mampu menunjukkan dua lembar faktur pajak yang didapat hingga siang itu. Disana juga terungkap hampir tiap hari kondisinya seperti itu dimana dalam sehari hanya sedikit faktur pajak yang masuk dan kebanyakan kupon putih tersebut.
 
“Ya beginilah situasinya sehari kadang dapat dua sampai tiga faktur pajak kebanyakan hanya membawa kupon tersebut,” tutur salah seorang petugas pos Pengawasan.
 
Sementara itu terkait dengan penemuan kupon sakti ini, Gede Dana mengaku masih akan merapatkan dalulu untuk menentukan langkah lebih lanjut.  “Soal Kupon itu masih akan dirapatkan untuk mencari benang merahnya,” ujar Gede Dana.
 
[pilihan-redaksi2]
Selain itu, ketika melakukan sidak di salah satu lokasi Galian C yang ada diwilayah Dusun Umanyar. Gede Dana juga sempat mengatakan bahwa dalam hal ini untuk mengantisipasi kebocoran, kontrol di portal harus tegas. Apabila ada yang tidak membawa faktur agar berani untuk mengembalikan. Namun pertanyaannya apakah berani atau tidak petugas portal melakukan itu. Olehnya harus ada pengawasan yang ketat, jika hanya petugas portal saja digertak sedikit saja oleh sopir maka langsung dikasih lolos.
 
“Jika memang ditemukan kecurangan baik dari pengusaha maupun petugas. Kami bisa rekomendasikan kepada eksekutif jika seperti itu agar ditutup saja,” kata Gede Dana. 
 
Pihaknya juga mengaku akan meminta data di setiap pos-pos penjagaan yang ada di wilayah Kabupaten Karangasem, pos mana yang maksimal dan tidak maksimal. Disanalah nantinya akan ketahuan siapa yang menyembunyikan dan siapa yang tidak bayar termasuk pengusaha yang tidak memiliki ijin. (bbn/igs/rob)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami