search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
200 Nelayan Tabanan Akan Diberi Pelatihan Keselamatan
Selasa, 8 Oktober 2019, 20:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Untuk melindungi nelayan dari situasi gawat di laut, sebanyak 200 orang nelayan Tabanan akan mendapatkan latihan penyelamatan. Pelatihan akan dimulai pekan ini. Selain mendapat pelatihan nelayan juga dimohonkan mendapat life jacket sebanyak 240 buah. 

[pilihan-redaksi]
Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tabanan, I Ketut Arsana Yasa mengatakan, pelatihan ini sesuai dengan usulan dari DPC HSNI Tabanan ke Kementrian Perhubungan dan anggaran dari APBN. Melihat belakangan ini sering sekali terjadi peristiwa nelayan tenggelam di laut. 

"Kami usulkan bulan September yang langsung diusulkan bulan ini," ujarnya, Selasa (8/10).

Dikatakan pelatihan akan didapatkan nelayan pada Jumat (11/10) di SDN Kelating. Mereka akan diberikan pelatihan sehari. Dan diharapkan pelatihan ini disalurkan ke nelayan yang lain."Jadi pelatihan ini sangat penting untuk penyelamatan nelayan kita terlebih kondisi ombak di Tabanan cukup ganas karena merupakan Samudra Hindia," katanya. 

Pria yang akrab disapa Sadam ini menambahkan, dalam pelatihan keselamatan ini ada beberapa teori di antaranya pelatihan kesiapan diri untuk ketenangan, kesiapan diri untuk bahaya yang sifatnya mendadak.

[pilihan-redaksi2]
Termasuk juga menyelamatkan diri di saat tenggelam di tengah laut saat terkena badai, angin, dan gelombang tinggi. Pelatihnya/instrukturnya langsung dari Kementrian Perhubungan. 

"Mulainya hari Jumat mendatang di Kelating dan pelaksanaannya satu hari," ujarnya. Saat ini jumlah nelayan di Tabanan sebanyak 1.100 orang lebih. 

Selain itu, pihak HNSI Tabanan juga sudah mengusulkan penambahan life jaket diusahakan sesuai dengan kekurangan, yakni 240 buah. Dari sebelumnya sudah mendapat bantuan sebanyak 140 buah. 
 

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami