search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lotion Anti Nyamuk Berbahan Serai Karya Siswi Denpasar Raih Perunggu di Ajang IYIA
Minggu, 13 Oktober 2019, 09:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Lotion Antinyamuk berbahan serai dan rosemary karya 2 siswi SMAN 2 Denpasar Berhasil meraih bronze medal (medali perunggu) dalam ajang International Young Investors Award (IYIA) 2019  yang digelar di Jakarta pada 9-12 Oktober 2019. 

[pilihan-redaksi2]
Kedua siswa SMAN 2 Denpasar tersebut yakni Ni Made Astri Purni Nariswari dan Ni Putu Jasmin Angelina Savitri. Dalam ajang IYIA 2019, kedua siswi SMAN 2 Denpasar tersebut harus bersaing dengan peserta dari 16 negara. Negara-negara yang terlibat diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Korea, Sri Lanka, USA, Mesir, Polandia, India, Jepang, Moroco, Saudi Arabia, China, Kanada, dan Kroasia.

Menurut Ni Made Astri Purni Nariswari, ide awal pemanfaatan serai dan rosemary sebagai bahan lotion antinyamuk yaitu ancaman penyakit yang disebarkan nyamuk akibat virus yang dibawa. Nyamuk dapat dicegah salah satunya dengan menggunakan lotion anti nyamuk dari Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan serai (Cymbopogo citratus) dan rosemary (Rosmarinus officinalis)  dalam mencegah gigitan nyamuk pada manusia.

Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental, yaitu menguji kemampuan lotion dalam mengindari gigitan nyamuk secara langsung. Hasilnya, lotion dari serai dan rosemary dapat mencegah gigitan nyamuk. Eksperimen itu membuktikan bahwa serai dan rosemary dapat mencegah gigitan nyamuk pada manusia yang dapat membawa penyakit.

[pilihan-redaksi]
"Terdapat banyak orang yang masih asing dengan serai dan rosemary, terdapat beberapa orang kurang suka dengan bau yg dihasilkan. Maka dari itu kedepannya kami akan memvariasikannya dengan tanaman lain dengan bau yang tak kalah harum dari produk lotion antinyamuk lain" ujar Astri saat dikonfirmasi pada Sabtu (13/10).

Astri mengakui variasi bau kini menjadi tantangan pengembangan kedepan, harapannya nantinya lotion antinyamuk berbahan serai dan rosmarey disukai oleh kalangan muda. Khusus kalangan umur 20 tahun keatas sangat menyukai bau serai dan rosemary.

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami