search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kementrian Agama Klungkung Gelar Piodalan di Pura Giri Mandara
Selasa, 12 November 2019, 19:40 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Puluhan PNS, Guru Agama Hindu, dan Penyuluh Agama Hindu Non PNS di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Klungkung kompak menggelar persembahyangan bersama di Pura Giri Mandara, Selasa (12/11) yang bertepatan pada Rahina Purnama Sasih Kalima.

[pilihan-redaksi]
Upacara persembahyangan ini dilakukan untuk menyambut piodalan di Pura Giri Mandara Kemenag Klungkung. Tampak semangat kebersamaan dan ngayah diimplementasikan dalam upacara ini, dengan masing-masing PNS, Guru Agama Hindu, dan Penyuluh Agama Hindu Non PNS menghaturkan tarian Rejang Dewa, Baris Gede, Topeng Wali, hingga ada yang ngayah menjadi Sekaa Santi maupun Sekaa Gong.

Kepala Kantor Kemenag Klungkung, Ida Bagus Nyoman Gde Suastika dalam Dharma Wacananya mengatakan semangat ngayah untuk menjalankan swadharma agama harus terus dilakukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) di Kementrian Agama Klungkung. Sehingga dengan niat yang tulus ini, seluruh rangkaian kegiatan upacara piodalan di Pura Giri Mandara dapat berjalan lancar.

“Suksma hanya inilah kalimat yang bisa kami sampaikan, suksma sudah ngayah menari Rejang Dewa, Baris Gede, Topeng Wali, hingga ada Sekaa Santi, Sekaa Gong. Semoga rasa bakti dengan niat yang tulus ini Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kesehatan, kecerdasan, kesejahteraan, kerukunan, dan kedamaian,” jelasnya.

Di sisi lain salah satu Penyuluh Agama Hindu Non PNS Klungkung, I Komang Arya Adi Putra yang menarikan Tari Topeng Wali mengatakan dalam upacara piodala di Pura Giri Mandara ini, turut juga diikuti oleh Komunitas Seni Dharma Swari dari Desa Adat Tulang Nyuh, Desa Tegak, Kecamatan Klungkung.

Reporter: bbn/klk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami