search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Keamanan Siber Lemah, Data Penting Pemkab Karangasem Rentan Diretas
Rabu, 20 November 2019, 21:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.


Server data yang menampung berbagai data dan informasi yang ada di masing - masing OPD Pemerintan Kabupaten Karangasem dinilai sangat rentan untuk diretas.

[pilihan-redaksi]
Oleh karenanya, sebelum terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, diperlukan pengamanan siber untuk melindungi data - data dan informasi agar tidak disalahgunakan oleh oknum - oknum yang tak bertanggung jawab.

Pengamanan siber menjadi sangat penting, mengingat kini di lingkungan pemerintahan Kabupaten Karangasem sudah berjalan melalui penggunaan aplikasi, hanya saja sejauh ini memang belum ada pengamanan secara khusus untuk melindungi dari serangan hacker.

"Sejauh ini memang belum ada pengamanan, tentunya sangat rentan dihacker mengingat terdapat data - data penting yang harus dijaga kerahasiaannya," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Karangasem, I Komang Daging saat ditemui media ini pada Rabu (20/11/2019).

Menurutnya, hal inilah yang kini menjadi perhatian serius dari Kominfo untuk mengamankan data - data penting yang tersimpan didalam server data salah satunya dengan cara berkoordinasi dengan Badan Siber Sandi Negara.

Meski baru sebatas kordinasi, namun terkait dengan pengaman data - data memang sudah ada arahan dari pemerintah pusat. Untuk tindak lanjut kedepan tentunya ada SOP keamanan siber yang harus dipenuhi agar menperoleh sertifikasi elektronik dari Badan Persandian Negara  untuk menuju pemerintah berbasis elektronik.

Sementara itu, untuk perangkat yang dimiliki Pemda Karangasem sendiri, menurut Komang Daging sejauh ini sudah cukup mendukung dan memadai, hanya saja masih lemah dalam hal tingkat keamanannya.
 

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami