search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Makna Replika Barong di Pintu Masuk Taman Jagat Karana
Kamis, 21 November 2019, 21:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Sosok replika Barong ditempatkan tepat berhadapan dengan akses puntu masuk pengunjung di bagian sisi timur Taman Jagat Karana, Jalan Veteran, Amlapura.

[pilihan-redaksi]
Konon penempatan replika Barong ini memang secara khusus diletakkan berhapan dengan pintu masuk pengunjung, alasannya dalam filosofinya Barong merupakan perlambang dari Dharma atau kebaikan. Sehingga dengan ditempatkannya replika Barong ini diharapkan mampu menyaring hal–hal negatif sehingga begitu masuk ke areal taman pengunjung bisa memperoleh aura positif.

“Replika Barong disini sebagai aling - aling terdepan di pintu masuk untuk membiaskan atau memfilter hal hal negatif atau tidak baik,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan olahraga Kabupaten Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika ketika ditanya mengenai maksud penempatan replika Barong tersebut di areal taman.

Menurut Kartika, disamping sebagai filter hal negatif, sesuai dengan namanya Taman Jagat Karana juga memeiliki arti tempat penggemblengan manusia dari kecil hingga dewasa sampai lansia untuk menuju ke arah kebaikan dan kemuliaan

Sementara itu, penempatan atau pembuatan replika Barong ini merupakan salah satu bagian dari pembangunan tahap dua Taman Jagat Karana tersebut.

Dalam pembangunan tahap dua kini, pemerintah menggelontorkan dana hingga Rp. 1.292.000.000,- sesuai dengan nominal kontak. Adapun sejumlah penataan yang kini dilakukan seperti kawasan Taman Remaja dilakukan pengngerasan treck skateboard, outdoor fitness, peralatan treckskateboard, bangku kebun.

Selain itu ada juga kawasan Plasa yang meliputi pengadaan bangku kebun, pengadaan plank nama stadion, pengadaan tugu KARANGASEM THE SPIRIT OF BALI. Penataan Taman Anak yang meliputi, penambahan wahana mainan anak, patung anak bermain, pengerasan jalan setapak. Ada juga penataan Taman Lansia yang meliputi, pengadaan railing di accupresure treck, pengadaan patung manjangan dari tanaman, pengadaan patung barong dari tanaman, pengadaan tembok pagar setinggi satu meter dan penambahan lampu taman.

Ada juga penataan Jogging Treck yang meliputi, pavingisasi, penambahan lampu sorot mercury. Penataan sisi selatan taman yang meliputi Pengadaan bangku taman menghadap jalan seperti suasana di Jogya.
 

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami