search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pol Air Polda Bali Gerebek Gudang Gas Oplosan di Abianbase
Rabu, 26 Februari 2020, 01:05 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Pasukan Direktorat Pol Air Polda Bali mengobok-obok wilayah hukum Polres Gianyar dan menggerebek gudang oplosan tabung gas elpiji di Jalan Mulawarman Abianbase Gianyar Senin (24/2/2020) siang. Selain mengamankan 4 karyawan yang tertangkap basah sedang mengoplos, Polisi juga mengamankan barang bukti ratusan tabung gas ukuran 3 kg, 12 kg dan 50 kg.

Penggerebekan itu berlangsung sekitar pukul 12.00 Wita, setelah pasukan Direktorat Pol Air Polda Bali mengamankan Kapal Motor (KM) Sri Mertasari 2, pada Senin (24/2/2020) lalu, dan kedapatan menyelundupkan tabung gas dalam jumlah yang banyak.

"Kapal Motor SRI Mertasari 2 diamankan karena berlayar tanpa dokumen. Bahkan Kapal tersebut membawa muatan berupa tabung elpiji sebanyak 11 tabung elpiji 12 kg," kata sumber kepolisian Selasa (25/2/2020).

Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh informasi bahwa tabung gas tersebut akan dibawa ke gudang oplosan di Jalan Mulawarman Abianbase Gianyar. Polisi langsung bergerak cepat ke tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan karyawan berikut pemilik gudang, berinisial IMB.

Petugas juga memergoki para karyawan sedang mengoplos tabung ukuran 3 kg ke ukuran 50 kg. 

"Pemilik gudang kami amankan dan beberapa karyawan," ungkap sumber.

Di lokasi pengerebekan disita 338 buah tabung ukuran 3 kg dalam keadaan kosong, 57 buah tabung ukuran 12 kg keadaan terisi gas, 57 buah tabung 12 kg dalam keadaan terisi gas, 66 buah tabung gas ukuran 12 kg dalam keadaan kosong, 8 buah tabung 50 kg dalam keadaan terisi, serta 4 unit mobil Pick-up yang digunakan sebagai transportasi.

Selain itu, di lokasi juga disita alat oplosan terdiri dari 225  batang pipa warna kuning ukuran 9 cm. 134 batang stik besi ukuran 10 cm. 10 batang besi pengisian tabung gas 50 kg ukuran  17 cm. 2 batang pipa jongkok ukuran 15 cm serta 1 buah timbangan.

Informasi menyebutkan, rencananya tabung ukuran 12 kg yang sudah di oplos itu akan dijual para konsumen dengan harga non subsidi. Kejahatan migas itu sudah beroperasi sejak setahun lalu. Kini para tersangka dan ratusan tabung gas diamankan sebagai barang bukti.

Menanggapi pengerebekan gudang gas oplosan dibenarkan Wadir Pol Air AKBP Bambang Wiriawan kepada wartawan, pada Selasa (25/2/2020), ia mengatakan masih dalam pendalaman. "Ia benar, masih didalami," ujarnya. 
 

Reporter: bbn/bgl



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami