search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wali Kota Mataram Pertama Berpulang, Gubernur NTB Berduka
Sabtu, 1 Agustus 2020, 22:50 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr H Zulkieflimansyah menyampaikan belasungkawa, atas berpulangnya atau meninggal dunia, mantan Wali Kota Mataram Pertama, Drs H Lalu Mudjitahid, pada Minggu (1/8). 

[pilihan-redaksi]
Mantan Wali Kota Mataram masa jabatan 1978-1989 ini meninggal setelah sempat menjalani beberapa hari perawatan karena sakit di RSUD Provinsi NTB.

Saat menyampaikan belasungkawanya, Gubernur mengatakan almarhum adalah sosok yang memiliki kontribusi besar bagi NTB. Karena sepanjang hayatnya mengabdi untuk masyarakat NTB. Sejumlah program unggulan dan legendaris lahir dari tangan dingin H Lalu Mudjitahid.

"Sebagai pemimpin, pengalamannya sangat komplit. Pada usia yang masih sangat muda beliau sudah menjadi Camat Tanjung, yang menjadi ibukota Kabupaten Lombok Utara saat ini," terang Zul dalam rilisnya, Sabtu (1/8).

Dalam riwayat hidupnya, H Lalu Mudjitahid dilantai menjadi Walikota Mataram pertama oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Barat, yakni HR Wasitakusumah. Sesaat setelah peresmian pembentukan Kota Administratif Mataram oleh Menteri Dalam Negeri H Amir Machmud,  pada 29 Agustus 1978. 

Lalu Mudjitahid menjadi Wali Kota Mataram dari tahun 1978-1989. Selanjutnya almarhum pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Lombok Barat selama dua periode, 1989-1999. Setelah tidak lagi menjabat sebagai kepala daerah, almarhum Mudjitahid tetap beraktivitas. 

Seperti di BUMD PT Gerbang Emas (GNE) milik Pemprov NTB, aktif di Dewan Masjid Indonesia, di Majelis Adat Sasak, Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme NTB. Hingga sejumlah perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di kota Mataram. Pemakaman mantan walikota Mataram ini dilaksanakan pada Minggu (2/8) di Kuripan, Kabupaten Lombok Barat.

Reporter: Humas NTB



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami