search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Serba-serbi Pelantikan Joe Biden, Mobil Warisan Trump hingga Alkitab Tua
Kamis, 21 Januari 2021, 14:20 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Serba-serbi Pelantikan Joe Biden, Mobil Warisan Trump hingga Alkitab Tua

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat untuk empat tahun ke depan.

Upacara pelantikan Joe Biden digelar dengan cara yang berbeda dan tidak semeriah sebelumnya mengingat Negeri Paman Sam juga sedang terserang pandemi Covid-19.

Terlepas dari hal tersebut, ada sisi lain yang cukup menarik saat wakil presiden era Barack Obama tersebut mengambil sumpah.

Berikut ini sisi lain dari pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris yang sudah Suara.com himpun menyadur Sky News, Kamis (21/1/2021).

Mobil dinas warisan Donald Trump

Setelah sumpah, Joe Biden langsung bergegas ke Gedung Putih menunggangi mobil dinas limusin bersenjata yang sudah dirancang khusus namun warisan dari masa kepresidenan Donald Trump.

The Beast, sebuah Cadillac One hanya diganti pelat nomor bertuliskan 46, sebuah anggukan pada fakta bahwa ia sekarang telah menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat.

Pelat nomor di mobil Kamala Harris bertuliskan angka 49, karena dia baru saja menjadi wakil presiden ke-49 Amerika Serikat.

Kombinasi Warna

Kamala Harris, Hillary Clinton dan Michelle Obama semuanya mengenakan warna ungu untuk hari besar, perpaduan antara merah dan biru.

Perpaduan warna tersebut tampak menjadi simbol seruan mereka untuk persatuan antara Partai Republik dan Demokrat.

Alkitab Tua

Joe Biden disumpah menggunakan Alkitab yang telah dimiliki keluarganya sejak tahun 1893 dan digunakan saat sumpahnya sebagai wakil presiden pada tahun 2009 dan 2013.

Alkitab tersebut memiliki tanda salib Celtic di sampulnya dan juga digunakan setiap kali ia disumpah sebagai senator AS.

Putra almarhum Biden, Beau, juga menggunakan Alkitab untuk upacara pelantikannya sendiri sebagai jaksa agung Delaware.

Pengangkatan Virtual

Untuk pertama kalinya, Joe Biden mengadakan upacara pengangkatan virtual di Gedung Putih untuk anggota pemerintahannya.Sebuah foto yang beredar menunjukkan ia berdiri di depan tiga layar televisi, masing-masing menampilkan lusinan orang, saat dia bersumpah pada karyawan barunya.

Surat dari Trump

Bertentangan dengan prediksi dari sejumlah orang, Donald Trump meninggalkan secarik surat untuk penggantinya di Oval Office.

Joe Biden membenarkan bahwa dia menerima surat itu, mengatakan kepada wartawan dari Oval Office bahwa isi surat itu "sangat murah hati."

"Presiden menulis surat yang sangat murah hati," kata Biden. "Karena ini pribadi, saya tidak akan membicarakannya sampai saya berbicara dengannya. Tapi itu murah hati." jelas Biden.

Dilantik Orang Latin Pertama

Kamala Harris dilantik oleh Sonia Sotomayor, orang Latin pertama yang bertugas di Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Menurut laporan ABC News, ajudan Kamala Harris membenarkan bahwa Kamala Harris secara langsung memilih Sonia.

Sonia dpilih karena ia Hakim Agung perempuan Latin pertama yang menjabat di Mahkamah Agung Amerika Serikat, CNN melporkan.

Selain itu, Kamala dan Sonia pernah menjabat sebagai jaksa sehingga keduanya memiliki perjalanan karier yang serupa.(sumber: suara.com)


 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami