search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Makanan Untuk Memenuhi Gizi Perempuan dan Menjaga Kesehatan di Hari Tua
Senin, 25 Januari 2021, 15:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Makanan Untuk Memenuhi Gizi Perempuan dan Menjaga Kesehatan di Hari Tua

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Akibat pengaruh hormonal, perempuan sering kali mengalami perubahan suasana hati, kram, hingga sakit kepala. Belum lagi risiko osteoporosis, kanker payudara, hingga masalah jantung yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pemenuhan gizi yang tepat perlu dilakukan.

Melansir dari Eat This, berbagai makanan dapat menangkis banyak risiko penyakit yang sering kali menimpa peremuan. Berikut beberapa makanan untuk memenuhi gizi perempuan dan menjaga kesehatan di hari tua, antara lain:

1. Ikan Salmon

Ikan berlemak seperti salmon liar, mackerel, dan herring bisa meningkatkan kesehatan karena kandungan omega-3 yang tinggi. Asam lemak anti-inflamasi yang kuat ini dapat membantu mengurangi kemungkinan kematian akibat penyakit jantung hingga lebih dari 33 persen serta membantu menurunkan risiko radang sendi dan baik untuk perkembangan otak janin.

2. Cokelat Hitam

Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kakao memiliki kondisi kardiovaskular yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak. Satu studi yang terbit pada jurnal Circulation Heart Failure menemukan bahwa perempuan yang makan satu hingga dua porsi cokelat berkualitas tinggi per minggu memiliki risiko 32 persen lebih rendah terkena gagal jantung daripada mereka yang tidak mengonsumsi cokelat.

Para peneliti menghubungkan manfaat kesehatan kakao dengan konsentrasi polifenol dan flavanolnya yang tinggi, senyawa antiinflamasi yang membantu melindungi jantung. Pastikan untuk konsumsi cokelat hitam yang mengandung 74 persen atau lebih padatan kakao.

3. Kenari

Satu dari empat perempuan Amerika meninggal karena penyakit jantung setiap tahun dan 90 persen wanita memiliki satu atau lebih faktor risiko untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular. Kacang kenari yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Satu studi menemukan bahwa mengunyah dua ons kenari sehari dapat secara signifikan meningkatkan aliran darah ke dan dari jantung hanya dalam 8 minggu. Studi lain juga menemukan bahwa jumlah yang sama dapat membantu menunda perkembangan kanker payudara dan memperlambat pertumbuhan tumor.

4. Bawang Putih

Hampir sepertiga perempuan berusia antara 45 dan 55 tahun memiliki tekanan darah tinggi. Dalam hal ini, bawang putih yang mengandung fitokimia, termasuk allicin, disebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 10 poin. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang terbit pada Journal of Integrated Blood Pressure Control.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Nutrition, bawang putih juga dapat mencegah perkembangan penyakit jantung dengan mengurangi penumpukan plak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. 

5.  Apel

Sindrom metabolik yang mengacu pada sekelompok kondisi seperti resistensi insulin, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi jadi masalah yang umum terjadi pada perempuan. Hal ini yanng kemudian akan berisiko meningkatkan masalah jantung. 

The Iowa Women's Health Study menunjukkan bahwa apel adalah salah satu dari tiga makanan yang paling efektif dalam mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular pada perempuan. Konsumsi apel juga disebut bisa menurunkan tekanan darah.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami