search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Apa itu "Jukut Harsyan", Makanan Zaman Majapahit yang Mirip Kuliner dari Bali?
Sabtu, 17 April 2021, 08:55 WITA Follow
image

bbn/net

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Zaman kerajaan Majapahit ternyata menyimpan makanan yang lezat. Bahkan hingga kini makanan tersebut masih eksis sampai sekarang dan memiliki sejarah menarik.

Dikutip dari Detik.com, tak disangka, di zaman kerajaan dulu ada banyak makanan lezat yang sering dikonsumsi mulai dari rakyat hingga raja. Salah satunya adalah Jukut Harsyan.

Dalam beberapa referensi sejarah menuliskan bahwa kuliner pada masa kerajaan Majapahit mirip seperti kuliner yang berasal dari Bali yang banyak dikenal sekarang ini. Salah satunya adalah jukut harsyan merupakan makanan yang populer di jaman kerajaan Majapahit.

Jukut Harsyan merupakan makanan berupa sup yang isiannya menggunakan daging bebek dan batang pisang muda. Saat itu masyarakat yang hidup di kerajaan Majapahit mencampur batang pisang muda untuk menetralisir kolesterol tinggi setelah menyantap daging bebek.

Dulu, masyarakat di sana memiliki cara yang unik untuk membuat masakan tersebut mengeluarkan aroma yang harum hingga tercium dalam jarak yang jauh. Yaitu dengan mencampurkan kemenyan ke dalam masakannya.

Selain itu juga terdapat campuran rempah dan bumbu lainnya yang masing-masing memiliki arti. Seperti campuran satu ruas kencur untuk melambangkan Yudhistira. 4 ruas lengkuas untuk melambangkan Bima dan 3 ruas kunyit untuk melambangkan Arjuna.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami