search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini Manfaat Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau
Kamis, 6 Mei 2021, 10:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Ini Manfaat Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Penelitian New Edith Cowan University (ECU) telah menemukan bahwa dengan makan hanya satu cangkir sayuran kaya nitrat setiap hari orang dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung. Sayuran dengan nitrat tinggi adalah sayuran berdaun hijau.

Melansir dari Healthshots, para peneliti memeriksa data dari lebih dari 50.000 orang yang tinggal di Denmark. Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sayuran paling kaya nitrat memiliki tekanan darah sistolik sekitar 2,5 mmHg lebih rendah dan risiko penyakit jantung antara 12 hingga 26 persen lebih rendah.

“Hasil kami menunjukkan bahwa hanya dengan makan satu cangkir sayuran mentah (atau setengah cangkir masak) sayuran kaya nitrat setiap hari, orang mungkin dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” kata Peneliti utama Dr Catherine Bondonno dari ECU's Institute for Nutrition Research mengatakan mengidentifikasi diet untuk mencegah penyakit jantung adalah prioritas.

“Penurunan risiko terbesar adalah untuk penyakit arteri perifer (26 persen), sejenis penyakit jantung yang ditandai dengan penyempitan pembuluh darah di kaki, namun kami juga menemukan bahwa orang memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, stroke, dan gagal," imbuhnya.

Studi tersebut menemukan bahwa jumlah optimal sayuran kaya nitrat adalah satu cangkir sehari dan makan lebih dari itu tampaknya tidak memberikan manfaat tambahan apa pun.

“Orang tidak perlu mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kadar nitrat mereka karena penelitian menunjukkan bahwa satu cangkir sayuran berdaun hijau setiap hari sudah cukup untuk meraup manfaat bagi penyakit jantung,” kata Dr Bondonno.

"Kami tidak melihat manfaat lebih lanjut pada orang yang makan sayuran kaya nitrat dengan tingkat yang lebih tinggi," pungkasnya.(sumber: suara.com)


 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami