search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jauhkan Anak dari Narkoba, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua
Jumat, 21 Mei 2021, 17:55 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Bahaya narkoba mengincar hampir seluruh elemen masyarakat, bahkan sudah menyasar pelajar

Untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan. Dimulai dari lingkungan yang paling dekat dengan anak, yaitu keluarga. Orang tua sejak dini harus membentuk kepribadian dan kelekatan pada anak. Hal itu dapat dibentuk dengan meluangkan waktu bersama keluarga. 

Menurut psikolog yang juga akademisi di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Nice Maylani Asril, S.Pso., M.Psi., Ph.D., kualitas dan kuantitas waktu keluarga dapat dilakukan dengan membuat rutinitas yang bisa dihargai oleh semua anggota keluarga. 

“Misalnya dengan makan bersama di satu meja, disana bisa sharing kegiatan sehari-hari, atau sebulan sekali masak-masak di rumah,” terangnya.

Nice mengatakan dengan saling bertemu dan duduk bersama orang tua dapat memantau kegiatan dan kebiasaan anak. Menurut penelitian di tahun 1940, kelekatan pada anak adalah pondasi dari kemandirian dan kesehatan emosional pada anak. 

“Menciptakan bahwa orang tua adalah sosok yang bisa dipercaya oleh anak. Dari trust itu akan muncul otonomi dan dari sana akan muncul target-target positif pada anak yang akan dibawa hingga dewasa,” imbuhnya.

Lebih lanjut akademisi asal Singaraja itu menjelaskan kelekatan merupakan sumber utama anak dapat percaya di lingkungan sekitarnya. Anak-anak akan memiliki inisiatif dan otonomi dalam dirinya sehingga tidak mudah ditekan oleh teman sebayanya. 

“Jadi dari umur satu tahun harusnya sudah dibiasakan ada rutinitas seperti nonton bersama, bukan semata-mata anak diberikan gawai dan dibiarkan begitu saja," tutupnya. 

Reporter: bbn/sin



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami