search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kadispar Sebut PKB 2021 Promosikan Kesiapan Bali Buka Pariwisata Mancanegara
Sabtu, 12 Juni 2021, 19:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

PKB ke XLIII Tahun 2021 yang telah resmi berlangsung menjadi gambaran bahwa Bali telah siap mengelola kegiatan massal dengan konsep new normal, termasuk menjalankan aktivitas pariwisata. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa menyambut gembira kegiatan tahunan ini. Baginya, PKB bukan sekadar pentas seni, namun memberi dampak berganda yakni pelestarian kesenian tradisional Bali yang sekaligus mempromosikan penerapan protokol kesehatan di Bali

"Ini sejalan dengan kesiapan kita open border pada Juli mendatang. PKB sebagai sebuah trial (percobaan) penerapan protokol kesehatan," ujarnya yang ditemui saat menghadiri pembukaan PKB, Sabtu (12/6) Art Center, Denpasar. 

PKB, kata dia, menjadi gambaran bahwa Bali bisa mengelola pariwisata dengan konsep kenormalan baru. Dengan penerapan protokol yang rinci, dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan ke Bali. 

"Semoga wisatawan domestik maupun mancanegara agar rindu ke Bali. Segala sesuatu telah kita siapkan untuk menyambut kedatangan mereka. Seperti membuat standar operasional, melakukan simulasi di bandara," sambungnya. 

Kendati telah siap menerima kunjungan, dia mengaku belum bisa memastikan apakah open border akan ditunda dari jadwal bulan Juli mendatang. Sebab menurutnya kewenangan itu ada di pemerintah pusat. 

"Penentu kewenangan dari berbagai kementerian, bukan saja Kementerian Pariwisata, juga dari Kemenkumham, dan kementerian lain," tuturnya. 

PKB ke XLIII tahun 2021 resmi dibuka secara virtual oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Di lokasi gelaran, Gedung Ksirarnawa, Art Center, pembukaan ditandai penancapan kayon oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno, yang didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster. 

PKB kali ini merupakan gelaran perdana yang digelar di tengah pandemi Covid-19. Selain pentas kesenian, PKB Tahun 2021 ini juga melibatkan perajin kesenian lokal, kuliner lokal, dan UMKM yang ikut dalam Pameran UMKM Bali Bangkit III. 

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami