search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pembangunan GOR Debes Dapat Suntikan Dana Rp10 Miliar
Jumat, 9 Juli 2021, 10:45 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pembangunan di bagian utara GOR Debes, Tabanan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Gelanggang Olahraga (GOR) Debes yang baru di bagian utara dipastikan selesai tahun ini pembangunannya.  Pemerintah Provinsi Bali telah mengucurkan dana bantuan keuangan khusus (BKK) senilai Rp10 Miliar. Saat ini sedang proses lelang tahap evaluasi dan Agustus mulai dikerjakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Penataan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) I Made Yudiana ketika menjelaskan, kalau pembangunan gedung GOR Debes baru di bagian utara dipastikan akan tuntas. Diakui, Tabanan mendapatkan kucuran dana BKK dari Provinsi Bali senilai Rp10 Miliar untuk menuntaskan bangunan gedung GOR.

“Dipastikan untuk tahun ini seluruh banguan GOR Debes tuntas dikerjakan,” ungkapnya, Kamis (8/7).

Dijelaskan, saat ini proses lelang di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Tabanan dan sudah tahap evaluasi pememang tender proyek. Setelah proses tuntas dan pemenang tender atau lelang telah ditetapkan, maka pengerjaan kemungkinan akan dimulai Agustus ini.

“Masih proses lelang tahap evaluasi. Kalau tidak ada halangan, Agustus sudah mulai pembangunannya,” jelasnya.

Dikatakan, dalam proses pembangunan GOR Debes ini, ada beberapa rangkaian kerja yakni standar, non-standar dan landscap. Pekerjaan standar yakni pembuatan talang air dari genteng serta pembuatan akses bagi penyandang disabilitas bisa menyaksikan pertandingan olahraga dengan nyaman. 

Pengerjaan non standar yakni aci (plester tembok) dan mengecatan serta pekerjaan lainnya seperti pemasangan  batu telpen atau stil Bali.  “Sementara untuk landscap , mungkin pemasangan paving di keliling gedung GOR,”  katanya.

Suntikan dana ini merupakan tahap ketiga dari total anggran yang dibutuhkan untuk menuntaksn GOR Debes sebesar Rp43 miliar. Tahap pertama tahun 2018  sebesar Rp 15 Miliar untuk pembangunan pondasi dan struktur bangunan. Tahap kedua di tahun 2019 menuntaskan  lapangan dan tribun sehingga bisa digunakan untuk pertandingan saat Porprov 2019.  “Tahap ketiga ini untuk menuntaskan bangunan gedung dan landscap,” imbuhnya.

Sementara untuk kekurangnya berupa penataan kawasan di sekitar gedung, termasuk pembuatan candi bentar, pihaknya berharap tahun berikutnya ada kucuran dana  baik dari BKK maupun sumber lain  sekitar Rp8 miliar  kekurangan dari total DED sebesar Rp 43 Miliar.

“Untuk menuntaskan sesuai dengan DED, masih butuh dana  banyak. Namun kami mengerjakan  sesuai dengan besaran dana yang ada,” ujarnya. 

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami