search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Bule Rutin Beli Banyak Burung Tapi Bukan Untuk Dipelihara
Kamis, 19 Agustus 2021, 15:20 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Viral Bule Rutin Beli Banyak Burung Tapi Bukan Untuk Dipelihara

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Aksi seorang Warga Negara Asing alias bule yang rutin membeli burung di sebuah toko viral di media sosial. Ia sengaja membeli burung-burung itu bukan untuk dipelihara. Namun, ternyata ia membeli burung tersebut untuk dilepaskan ke alam bebas. Momen bule membeli burung dan melepaskannya ke alam bebas diunggah oleh akun Facebook Gede Budarsana.

"Bule ini rutin membeli burung di sebelah toko saya dan dilepaskan," tulisnya dalam keterangan unggahannya.

Ia mengaku, hampir setiap pekan bule itu mendatangi toko burung dan membeli beberapa ekor burung yang berada di dalam sangkar. Setelah transaksi jual beli dilakukan, ia langsung keluar toko dan membuka sangkar tersebut agar burung yang baru dibelinya bisa keluar ke alam bebas.

"Hampir setiap Minggu melepaskan puluhan ekor burung dengan harapan tempat mereka adalah di alam bebas, bukan di sangkar," imbuhnya.

Si perekam video sempat mendatangi bule itu dan menanyakan namanya karena penasaran dengan aksi mulia yang dilakukannya. Namun, si bule itu hanya tersenyum dan memilih merahasiakan identitasnya.

"Very good. What's your name sir?" tanya perekam video.

"I don't have a name," jawab si bule sambil melepaskan burung yang baru dibelinya.

Aksi mulia bule melepaskan burung yang dibelinya di dalam sangkar itu langsung viral di media sosial. Banyak warganet mengaku merasa bangga sekaligus terharu dengan aksi yang dilakukan oleh bule tersebut.

"Enggak ada makhluk yang mau dikurung dikerangkeng, patut dicontoh perilakunya," kata seorang warganet.

"Intinya kembali ke niat, mau bagaimana pun keadaan burung itu setelah dilepaskan, kita hanya bisa berdoa semoga Allah yang menciptakannya, memberi keselamatan dan akal agar burung tersebut bisa mencari makan dan hidup bebas di alamnya," balas warganet lain.

"Tapi jangan ditangkap lagi ya om penjual. Setuju banget burung itu hidupnya di alam bebas," timpal warganet lain.

"Sehat selalu orang-orang baik," ucap warganet lainnya.

Meski demikian, ada pula warganet yang menilai aksi bule tersebut berisiko lantaran tidak semua burung bisa hidup dilepas liarkan secara sembarangan.

"Enggak semua burung bisa bertahan hidup lebih lama jika hidup di alam bebas," ujar seorang warganet.

"Bisa dibilang tindakan itu tidak boleh ditiru untuk khusus beberapa spesies burung, seperti burung Lovebird yang mencari makanan aja susah banget, yaitu dari milet. Lain kali pahami dulu mana burung yang sekarang boleh dibebaskan dan mana yang lebih baik dirawat," sahut warganet lainnya.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami