search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
"Open Border", Begini Kesiapan Bea Cukai Ngurah Rai
Sabtu, 9 Oktober 2021, 15:25 WITA Follow
image

beritabali/ist/Open Border, Begini Kesiapan Bea Cukai Ngurah Rai.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Kesiapan seluruh petugas Bea Cukai Ngurah Rai untuk menyukseskan rencana pembukaan Bali bagi wisatawan asing. 

“Bea Cukai Ngurah Rai siap mendukung pembukaan kembali Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bagi penumpang internasional. Untuk itu, sejumlah inovasi dan perbaikan telah kami lakukan, diantaranya Electronic Customs Declaration (ECD) telah siap digunakan," jelas Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Kusuma Santi Wahyuningsih, Jumat (8/10).

Dikatakan pada saat ini ECD dan kelengkapan pendukungnya telah terpasang, telah diuji coba berulang kali, sehingga sampai saat ini pihaknya menyatakan siap diimplementasikan. Dengan ECD ini, lanjutnya, dipastikan kontak fisik antara penumpang dengan petugas Bea Cukai bisa dieliminasi sebagai langkah nyata kami dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Electronic Customs Declaration adalah inovasi yang dikembangkan Bea Cukai Ngurah Rai yang mengubah cara penyampaian Customs Declaration dari bentuk kertas formulir menjadi bentuk elektronik melalui laman www.cdbali.net

Disamping itu, Bea Cukai Ngurah Rai juga telah melengkapi fasilitas pembayaran pungutan negara di Bandara I Gusti Ngurah Rai menggunakan kartu (cashless).

“Pada Customs Area Bandara I Gusti Ngurah Rai juga telah kami lengkapi dengan mesin EDC, yang memungkinkan pembayaran pungutan negara oleh penumpang internasional secara cashless. Hal ini sangat penting untuk kelancaran proses kepabeanan penumpang, dan juga untuk pencegahan penularan COVID-19," ujarnya.

Bahwa seluruh Petugas Bea Cukai di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah dibekali dengan vaksin dosis lengkap, alat pelindung diri (APD), serta pemahaman protokol kesehatan saat melakukan pemeriksaan kepabeanan atas penumpang.

“Seluruh petugas kami di Bandara I Gusti Ngurah Rai juga telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap, dan telah kami bekali dengan APD dan pengetahuan protokol kesehatan dalam kaitannya untuk pemeriksaan barang atau pemeriksaan badan. Dengan demikian, kami siap saat nanti Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dibuka untuk penerbangan penumpang internasional," pungkasnya.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami