search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sejumlah Negara sudah Melonggarkan Aturan Corona, Indonesia Kapan ?
Senin, 21 Februari 2022, 20:20 WITA Follow
image

bbn/antaranews.com/Sejumlah Negara sudah Melonggarkan Aturan Corona, Indonesia Kapan ?

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Sejumlah negara melonggarkan pembatasan COVID-19 dan mulai bersiap hidup berdampingan dengan Corona. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia tidak akan buru-buru mengambil langkah serupa dengan melonggarkan pembatasan Corona.

"Meskipun beberapa negara lain sudah mulai memberlakukan kebijakan pelonggaran dan transisi ke endemik seperti Inggris, Denmark, dan Singapura, namun kita tidak perlu latah atau ikut-ikutan seperti negara tersebut," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (21/2/2022).

Luhut mengatakan Indonesia akan melakukan transisi ke endemi secara bertahap dengan menerapkan prinsip kehati-hatian. Ia juga meminta agar masyarakat tetap waspada dan tidak lengah terlebih lonjakan kasus yang diakibatkan Omicron diprediksi masih akan terus terjadi.

"Kami akan terus melakukan evaluasi mengenai status endemi ke depannya," bebernya.

Adapun indikator transisi pandemi COVID-19 ke endemi oleh Luhut di antaranya mencakup tingkat kekebalan masyarakat tinggi, kasus melandai, kapasitas respons fasilitas kesehatan, kasus baru yang stabil dan konsisten.

Pihaknya disebut masih akan terus berkomunikasi dengan para pakar untuk menentukan masa transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi di Indonesia. Untuk mencapai hal tersebut, vaksinasi lengkap harus dipercepat dan booster bagi para lansia. (Sumber : Detik.com)

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami