search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bitcoin Anjlok 17 Persen, Kini Dibanderol Rp335 Juta
Selasa, 14 Juni 2022, 10:20 WITA Follow
image

bbn/Kompas.com/Bitcoin Anjlok 17 Persen, Kini Dibanderol Rp335 Juta

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Bitcoin jatuh di bawah 23.000 US Dolar atau setara Rp335 juta dengan kurs Rp14.600 pada perdagangan hari Senin, mencapai level terendah sejak Desember 2020, karena investor membuang crypto di tengah aksi jual yang lebih luas dalam aset berisiko.

Sementara itu, sebuah perusahaan pinjaman crypto bernama Celsius telah menghentikan penarikan untuk pelanggannya, memicu kekhawatiran penularan ke pasar yang lebih luas.

Mengutip CNBC, Selasa (14/6/2022) bitcoin cryptocurrency terbesar di dunia turun di bawah USD 23.000, menurut data CoinDesk. Pada satu titik bitcoin turun sekitar 17 perse untuk diperdagangkan sekitar USD 22.764.

Beberapa dari kerugian itu kemudian dipulihkan, dan sekitar jam 4 sore di Wall Street bitcoin mencapai USD 23.351 dengan kerugian 15 persen.

Selama akhir pekan dan hingga Senin pagi, lebih dari USD 200 miliar telah dihapus dari seluruh pasar cryptocurrency. Kapitalisasi pasar cryptocurrency turun di bawah USD 1 triliun pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak Februari 2021, menurut data dari CoinMarketCap.

Faktor makro berkontribusi pada penurunan di pasar crypto, dengan inflasi yang merajalela terus berlanjut dan Federal Reserve AS diperkirakan akan menaikkan suku bunga minggu ini untuk mengendalikan kenaikan harga.

Pekan lalu, indeks AS mengalami aksi jual besar-besaran, dengan Nasdaq yang sarat teknologi turun tajam. Bitcoin dan cryptocurrency lainnya cenderung berkorelasi dengan saham dan aset berisiko lainnya. Ketika indeks ini jatuh, crypto juga turun.

“Sejak November 2021, sentimen telah berubah secara drastis mengingat kenaikan suku bunga Fed dan manajemen inflasi. Kami juga berpotensi melihat resesi mengingat FED mungkin akhirnya perlu menangani sisi permintaan untuk mengelola inflasi, ”Vijay Ayyar, wakil presiden pengembangan perusahaan dan internasional di pertukaran crypto Luno, mengatakan kepada CNBC.

"Semua ini menunjuk ke pasar yang belum sepenuhnya mencapai titik terendah dan kecuali The Fed dapat mengambil nafas, kita mungkin tidak akan melihat bullish kembali.” tambahnya.

Ayyar mencatat bahwa di pasar beruang sebelumnya, bitcoin telah turun sekitar 80 persen dari rekor tertinggi terakhirnya. Saat ini, turun sekitar 63 persen dari tertinggi terakhir sepanjang masa yang dicapai pada bulan November.

“Kita bisa melihat harga bitcoin yang jauh lebih rendah selama satu atau dua bulan ke depan,” kata Ayyar.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami