search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rocky Gerung Ditolak Jadi Pemateri Seminar di Unram
Selasa, 30 Agustus 2022, 10:42 WITA Follow
image

beritabali/ist/Rocky Gerung Ditolak Jadi Pemateri Seminar di Unram.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Pakar filsafat Rocky Gerung ditolak sebagai pemateri seminar di Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat (NTB). Adapun alasan penolakan tersebut, karena Rocky Gerung sering mengeluarkan statement bersebrangan di media sosal.

Seminar nasional yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengawal Ideologi Bangsa ini mengangkat tema "Titik Nol Penegakan dan Keadilan". Rocky Gerung rencananya akan jadi pembicara utama. Seminar Rocky Gerung ini telah dijadwalkan pada 16 September 2022 mendatang.

Baca juga:
Rocky Gerung Sebut Tugasnya ">Rocky Gerung Sebut Tugasnya "Menggulung Karpet Merah" di Istana

Ketua Panitia Acara Seminar Nasional dari UKM PIB Unram, Naufal Dzulkifli mengatakan, dirinya kecewa dengan sikap Unram yang menolak kedatangan Rocky Gerung.

Pakar filsafat itu akan menjadi pemateri seminar bersama Pakar HTN Bivitri Susanti, dan Pakar Hukum Agraria Fakultas Hukum Unram Dr Widodo Dwi Putro.

"Awalnya tadi pas meminta disposisi peminjaman tempat dan izin acara malah ditolak oleh bawahan WR III Unram karena ada pak Rocky Gerung," kata Naufal, Senin (29/8).

Dan rupanya ini alasan tidak memberi izin melaksanakan seminar nasional yang akan berlangsung di gedung DUM Unram. Menurut Naufal alasan pihak kampus Unram menolak kedatangan Rocky Gerung tidak logis dan tidak masuk akal.

"Pertama alasan waktu karena terlalu padat jadwal di Unram," sebut Naufal.

"Alasan kedua bermasalah, saya kira karena pematerinya. Alasannya karena pak Rocky Gerung sering mengeluarkan statement bersebrangan di media sosal," imbuh Naufal.

Naufal juga menjelaskan pihak Unram menolak secara personal pemateri yang bakal mengisi acara di Mataram. Pihak Unram pun tidak memberikan disposisi surat peminjam ruangan untuk kegiatan di gedung DUM Unram tanggal 16 September 2022.

"Kalau hanya masalah materi saya kira tidak ada yang berbau radikalisme. Ini malah bagus untuk pengetahuan mahasiswa," ujarnya.

Kemudian, Ketua Umum UKM PIB Unram Adrian Islah Perdana mengatakan, pihaknya menganggap Unram merupakan kampus yang anti kritik dan tidak berani menerima kebebasan perbedaan dalam berpikir.

"Apa kira-kira alasan subtansi pihak Unram menolak kedatangan Rocky Gerung. Padahal seminar nasional ini benar-benar penting untuk mahasiswa," ucapnya.

Menurut Adrian sejauh ini pihak UKM PIB telah mengikuti prosedur pembuatan acara sesuai ketentuan yang ditetapkan pihak Unram.

Sayangnya, kata Adrian, pihak Unram hanya menolak kedatangan Rocky Gerung secara personal menjadi pemateri seminar nasional.

"Tadi mereka sampaikan, meminta kami agar tokoh lain yang mengisi seminar. Ini alasan yang tidak jelas saya kira. Ini pembatasan kebebasan berpikir," kata Adrian.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Dr Ir Enny Yuliani mengatakan pihaknya belum bisa memberikan keterangan soal penolakan Rocky Gerung mengisi seminar nasional di Unram. Pihaknya berjanji akan memberikan statement kepada wartawan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami