search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Perjalanan Bisnis
Senin, 12 September 2022, 13:43 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Perjalanan Bisnis.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Perjalanan bisnis mungkin akan sering kamu lakukan apabila terjun di dunia bisnis ataupun bekerja di kantoran secara profesional. Walau sama-sama melakukan perjalanan, akan tetapi perjalanan bisnis merupakan dua hal yang berbeda dengan perjalanan liburan.

Namun, kedua kegiatan tersebut membutuhkan kebijaksanaan kamu dalam mengelola budget yang akan kamu gunakan untuk bepergian. Sebuah aplikasi saas hadir membantu kamu menyusun segala rencana budgeting perjalanan bisnis kamu agar terkontrol sesuai harapan.

Apa Itu Perjalanan Bisnis

Bagi kamu yang masih awam dengan yang namanya perjalanan bisnis, berikut informasi mengenai perjalanan bisnis.

1. Pengertian perjalanan bisnis

Perjalanan bisnis merupakan suatu perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan tujuan kepentingan pekerjaan. Ketika melakukan perjalanan bisnis, kamu bisa saja melakukan perjalanan tersebut ke luar kota hingga ke luar negeri. Destinasi perjalanan bergantung pada keperluan bisnis apa yang sedang kamu targetkan.

2. Tujuan perjalanan bisnis

Tujuan perjalanan bisnis tentu saja untuk kepentingan pekerjaan. Jika harus di breakdown, kepentingan pekerjaan tersebut juga beragam. Perjalanan bisnis bisa dilakukan dengan tujuan bertemu klien di luar kota, melakukan ekspansi bisnis, mengikuti seminar usaha atau pekerjaan, hingga  mengikuti pendidikan dan pelatihan. Tujuan utamanya adalah untuk kemajuan bisnis dan pekerjaan.

{bbsperator}

Cara Mempersiapkan Perjalanan Bisnis

Jika kamu sudah ditunjuk sebagai perwakilan dari tempat usaha atau kantor kamu untuk melakukan perjalanan bisnis, kamu jangan panik. Kamu harus mempersiapkan beberapa hal yang bisa melancarkan perjalanan bisnis kamu.

1. Mengumpulkan informasi mengenai tempat yang akan kamu tuju

Melakukan perjalanan bisnis berarti kamu akan mengunjungi  sebuah tempat yang cukup jauh dari domisili kamu berada. Sangat penting bagi kamu untuk mencari tahu dan melakukan riset kecil mengenai tempat yang akan kamu tuju.

Kamu bisa mencari tahu mengenai ketersedian akses transportasi, komunikasi, dan makanan di sana. Hal lain yang juga harus kamu cari tahu adalah mengenai adat dan kebiasaan masyarakat lokal. Setiap tempat memiliki perbedaan kebiasaan, jadi kamu harus memahaminya sebelum mengunjungi tempat mereka.

Riset ini dilakukan agar kamu bisa beradaptasi dengan tempat yang akan kamu kunjungi dan menghindarkan kamu dari hal-hal yang tidak menyenangkan.

2. Pilihlah tempat menginap yang mudah aksesnya

Setelah kamu ditunjuk untuk melakukan perjalanan bisnis, kamu akan tahu kota atau tempat mana yang akan kamu kunjungi. Sebelum berangkat kesana, pastikan kamu sudah memiliki tempat menginap yang mudah aksesnya seperti mudah untuk dijangkau, banyak tempat makan, hingga jaringan komunikasi yang bagus.

Tempat menginap ini sangat penting karena kamu akan tinggal di sana untuk sementara waktu, dan akan menjadi tempat kamu beristirahat setelah lelah beraktivitas. 

Tentu saja kamu tidak mau tempat tinggal yang tidak nyaman setelah kamu lelah dan butuh istirahat.

3. Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan

Melakukan sebuah perjalanan baik perjalanan bisnis maupun liburan, hal yang sangat penting untuk dibawa adalah dokumen perjalanan. Dokumen perjalanan bisnis yang harus kamu siapkan berupa tiket, identitas diri dan visa jika kamu bepergian ke luar negeri. Kamu juga tidak boleh melupakan dokumen bisnis seperti proposal atau dokumen perjanjian kerjasama.

Susunlah secara rapi semua dokumen yang kamu butuhkan, kemudian masukkan dalam map atau dompet khusus dokumen. Selain mempersiapkan dokumen dalam bentuk fisik, untuk berjaga-jaga, kamu juga harus memiliki dokumen tersebut dalam bentuk soft copy. Simpanlah di dalam folder penyimpanan laptop dan email.

4. Jangan lupakan alat komunikasi

Selalu pastikan bahwa kamu membawa alat komunikasi yang bisa kamu gunakan selama melakukan perjalanan bisnis. Pastikan handphone yang kamu gunakan compatible dengan tempat yang akan kamu kunjungi.

Kamu juga tidak bisa terlepas dari jaringan internet untuk berkomunikasi dengan saudara ataupun rekan kerja nantinya. Pastikan jaringan internet yang kamu gunakan bisa dipakai ketika bepergian.

Jika kamu akan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, maka kamu harus menggunakan data roaming. Pilihan lainnya mungkin kamu harus mengganti jaringan GSM kamu dengan GSM yang ada di negara tersebut.

5. Persiapkan kesehatan fisik dan mental

Mempersiapkan kesehatan fisik dan mental juga harus kamu lakukan ketika hendak melakukan perjalanan bisnis. Perjalanan yang cukup jauh, suasana yang baru, hingga cuaca yang mungkin saja berbeda dengan tempat asal kamu akan membuat tubuh kamu harus beradaptasi.

Untuk melakukan berbagai kegiatan selama melakukan perjalanan bisnis, tubuh kamu harus dalam keadaan siap melakukannya. Jika kamu akan bepergian ke luar negeri, maka kamu harus siap dengan segala perubahan cuaca dan suhu yang berbeda dengan negara kamu.

Perbanyaklah olahraga ringan untuk mempersiapkan tubuh kamu. Selain itu, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi juga sangat penting karena kamu akan membutuhkan banyak nutrisi selama berkegiatan.

Selain mempersiapkan fisik, persiapan mental juga penting karena kamu akan menghadapi suasana baru untuk beberapa waktu. Persiapan fisik dan mental akan membantu melancarkan  perjalanan bisnis kamu.

Lakukan Tracking Perjalanan Bisnis Kamu

Nah, ketika melakukan perjalanan, terkadang kamu bisa tidak terkontrol dalam mengeluarkan biaya. Hal ini sebenarnya hampir dirasakan oleh banyak orang yang melakukan perjalanan. Ini bisa menjadi masalah dikemudian hari karena kamu akan kebingungan dengan biaya apa saja yang sudah dikeluarkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memanfaatkan layanan business travel expense tracker. Layanan ini menghadirkan kemudahan bagi kamu untuk melakukan tracking pada biaya-biaya yang kamu keluarkan selama melakukan perjalanan bisnis.

Dengan tercatatnya semua laporan pengeluaran kamu selama melakukan perjalanan, pengelolaan keuangan kamu akan menjadi lebih rapi. 
Cashflow kamu akan lebih terjaga, sehingga mengurangi risiko masalah keuangan kedepannya.

Demikianlah artikel dengan judul “Lakukan tracking pada perjalanan bisnis kamu agar pengelolaan keuangan menjadi rapi!”. Semoga bermanfaat!

Editor: Robby

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami