search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kapolri Peringatkan Anggota: Ikan Busuk Mulai dari Kepala
Senin, 12 September 2022, 14:28 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kapolri Peringatkan Anggota: Ikan Busuk Mulai dari Kepala

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh anggota Polri berani mengoreksi pimpinan jika memang melanggar aturan atau melakukan kesalahan. Hal tersebut Listyo sampaikan saat memberi instruksi kepada seluruh jajarannya dalam video yang diunggah di media sosial. 

Ia juga mengingatkan agar anggota Polri tidak melakukan pelanggaran yang mencederai rasa keadilan di masyarakat.

"Ikan busuk tentunya mulai dari kepala, mari kita saling mengingatkan. Atasan mengingatkan anak buah, anak buah juga sama," ujar Listyo dalam akun Instagram resminya, Senin (12/9).

Listyo mengungkapkan seorang anak buah boleh saja mengingatkan pimpinan bila terbukti melakukan kesalahan dalam tindakannya. Ia justru meminta agar para anggotanya tidak sekadar menjalankan perintah pimpinan, terlebih jika menyadari perintah itu menyalahi aturan.

"Anak buah juga, menyampaikan bahwa 'komandan sepertinya ini salah', itu sah-sah saja," kata Listyo.

"Jangan biasakan bila menerima sesuatu yang tidak pas, terus rekan-rekan tidak berani menyampaikan pendapat rekan-rekan," imbuhnya.

Dalam pidatonya, Listyo menekankan dirinya tak ragu menindak anggota Polri yang kedapatan melanggar aturan. Ia mengatakan hal itu juga bertujuan untuk menjaga marwah dan kepercayaan terhadap institusi Polri.

Listyo memastikan bahwa dia tidak akan lagi melakukan teguran terhadap anggota Polri yang diduga melanggar aturan. Seluruh laporan yang masuk dipastikan bakal langsung diproses sesuai aturan yang ada.

"Ini terus saya ulang-ulang karena saya sayang dengan 430.000 polisi yang telah bekerja dengan baik dan 30.000 PNS yang juga bekerja dengan baik," tutur Listyo.

"Kalau ada laporan saya tak perlu tegur lagi, langsung saya proses, saya copot, ini berlaku untuk semuanya apakah itu polisi apakah itu polwan," ujarnya.

Pada Oktober 2021, Listyo sempat menyampaikan pepatah "Ikan busuk mulai dari kepala". Menurutnya, jika pimpinan bermasalah, bawahannya akan bermasalah juga.

Komisi III DPR RI juga menagih komitmen Kapolri untuk bersih-bersih di institusinya, buntut kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat.

"Polri ini wajib melaksanakan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya. Itu adalah komitmen Pak Kapolri [untuk] potong kepala ikan busuk itu," kata anggota Komisi III DPR Rudy Mas'ud saat komisinya rapat dengan Kapolri di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (24/8).(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami