search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Diajak Tur Sambil Nyangkul, Ini Komentar Joe Biden ke Pemandu Tahura Bali
Jumat, 18 November 2022, 15:27 WITA Follow
image

bbn/kompas.com/Diajak Tur Sambil Nyangkul, Ini Komentar Joe Biden ke Pemandu Tahura Bali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Disela-sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk mengajak para pemimpin negara yang hadir untuk mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai Bali.

Salah satu kepala negara yang ikut dalam kunjungan tersebut adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Kunjungan ke Tahura Ngurah Rai tersebut ternyata memberikan kesan tersendiri bagi Biden. Dalam momen itu ia diajak berkeliling hutan dan memegang cangkul menanam mangrove. Ia bahkan sampai memberikan komentar khusus mengenai kunjungannya tersebut.

Komentar Biden tersebut terungkap dari sosok Putri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati yang diberikan kesempatan untuk menjadi pemandu tur para pemimpin dunia tersebut di kawasan hutan mangrove itu.

Momen itu terekam kamera dan videonya diunggah ke channel YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (17/11/2022). Dalam video itu, Putu Ayu mengaku grogi ketika mendampingi para pemimpin negara-negara tersebut.

"I was very nervous actually, i wanted to show you something. Aku sampai tulis tanda senyum, karena saking takut nervous, lupa senyum," ujar Putu dalam video yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

Meski grogi, Putu Ayu mengaku sangat senang dan merasa beruntung untuk bisa jadi pemandu para pemimpin negara-negara itu.

Menurut dia, ini merupakan momen langka yang belum tentu bisa ia dapati di lain kesempatan. Dalam kesempatan itu Putu Ayu juga mengatakan kalau para pemimpin negara itu mau mendengarkan para anak muda.

"Very happy and very very honored. Ngerasa beruntung banget karena kapan lagi bisa jalan bersama dengan para world leaders then having them really listen to what the youth has to say I think its great honor," tuturnya.

Putu Ayu mengobrol dengan Joe Biden

Ketika mejadi pemandu di Tahura Ngurah Rai, Putu Ayu sempat mengobrol dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Menurut Ayu, saat itu Biden memuji kulaitas sound system yang digunakan Ayu saat menjadi pemandu tur.

"Pengalaman unik mungkin saat ke dalam karena pakai wireless, jadi sinyalnya on and off and the first thing that Joe Biden said to me was 'You have very good sound system'," kata Putu Ayu menirukan kata-kata Joe Biden.

Mendengar kata-kata Biden itu, Ayu lalu membalasnya dengan rendah hati dan penuh rasa hormat.

"Yes, Sir, we try our best," ujar Putu Ayu dengan singkat.

Tur ke Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai diselenggarakan pada hari pertama KTT G20, yakni pada Selasa (16/11/2022). Dalam kesempatan itu, para pemimpin negara G20 dan Presiden Jokowi mengenakan pakaian berwarna putih dan sebagian diantaranya memakai topi G20.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami