search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Peresmian Patung Bung Karno, Pemkab Tabanan Siapkan Seremoni
Sabtu, 10 Desember 2022, 09:11 WITA Follow
image

beritabali/ist/Peresmian Patung Bung Karno, Pemkab Tabanan Siapkan Seremoni.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Meski telah dipindah, patung Bung Karno yang semula di kawasan simpang Kediri, Tabanan dan kini di area Taman Bung Karno belum diresmikan oleh Pemkab Tabanan

Pada Jumat, (9/12) patung yang terbuat dari perunggu ini masih terbungkus plastik hitam. Direncanakan, Pemkab Tabanan akan membuat acara seremonial khusus untuk meresmikan patung karya Nyoman Nuarta ini. 

“Ini masih menunggu arahan dari bupati. Tapi ada persiapan untuk acara seremonial,” kata Kepala Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan Made Dedy Dharma Saputra.

Ia menjelaskan, saat ini pengerjaan patung Bung Karno masih pada tahap finishing. Selain itu, juga penyelesaian kolam di depan patung. Disebutkan juga, peresmian patung ini tidak akan lewat dari 2022. 

“Bagaimana konsepnya nanti, kami masih menunggu arahan bupati,” ujarnya. 

Lain halnya dengan patung Wisnu Murti yang menjadi pengganti patung Bung Karno di kawasan simpang Kediri, Tabanan, Dedy mengatakan akan dilakukan upacara ritual sesuai tradisi Hindu. 

“Tujuannya agar patung ini metaksu,” ujarnya.

Untuk patung Wisnu Murti hingga Jumat, (9/12) masih tampak dalam proses pengerjaan. Beberapa bagian patung masih ditutup dengan kain dan masih dalam pengerjaan. 

Sebelumnya pemindahan patung patung Bung Karno nilai proyeknya mencapai Rp1,4 milar ini dilakukan pada Kamis, (8/9) malam. Bahkan, patung yang dibuat dengan logam ini baru selesai dikerjakan pada Jumat dini hari. 

Selain patung, Pemkab Tabanan juga akan melakukan penataan ruang terbuka hijau di Lapangan Alit Saputra nilainya mencapai Rp1,9 miliar lebih. Pembangunan patung Wisnu Murti di simpang Kediri nilainya mencapai Rp1,1 miliar lebih. Nilai total proyek ini sekitar Rp 4 miliar lebih.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami