search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sembilan Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Pria
Rabu, 15 Februari 2023, 13:56 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Sembilan Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Pria

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Bawang putih merupakan bumbu masak kaya manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, bawang putih yang diklaim berkhasiat untuk menjaga kesehatan pria.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan pria ini mulai dari mencegah risiko penyakit kronis, menjaga imunitas tubuh, hingga meningkatkan kesuburan. Data Pusat Medis Universitas Rochester menunjukkan bawang putih mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, dan mineral yaitu zat besi, kalsium, kalium, fosfor, vitamin B6 dan C.

Kandungan nutrisi itulah yang membuat bawang putih dipercaya sebagai salah satu rempah yang punya manfaat kesehatan apabila dikonsumsi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat bawang putih untuk kesehatan pria.

1. Mengandung kaya antioksidan

Mengonsumsi 1-2 siung bawang putih ke dalam menu masakan sehari-hari dapat membantu menetralkan senyawa berbahaya dalam tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa s-allyl cysteine bawang putih bermanfaat mencegah pembentukan radikal bebas sekaligus meningkatkan jumlah sperma.

2. Mengatasi gangguan pernapasan

Dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research disebutkan, rutin mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengatasi masalah pneumonia, asma, dan tuberkulosis. Selain itu, bawang putih terbukti efektif dalam membunuh berbagai infeksi jamur, virus, bakteri, dan parasit di usus.

3. Mencegah disfungsi ereksi

Penelitian lain menyebut ekstrak bawang putih dapat merangsang produksi nitrat dioksida dalam tubuh yang berfungsi sebagai vasodilator pada penis. Ini berarti nitrat dioksida efektif meningkatkan aliran darah menuju penis dengan mengaktifkan membran sel untuk mencegah disfungsi ereksi.

4. Melancarkan peredaran darah

Manfaat bawang putih untuk kesehatan pria selanjutnya yakni membantu meningkatkan aliran darah, yang bermanfaat dalam mengatasi masalah disfungsi ereksi. Tak hanya itu, bumbu masak ini juga efektif memperbaiki fungsi pembuluh darah dan meningkatkan produksi hidrogen sulfida supaya aliran darah tubuh tetap lancar.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Dilansir Healthline, bawang putih mempunyai efek booster untuk meningkatkan produksi sperma dan menambah kadar testosteron.

Hasil studi pada hewan menemukan senyawa s-allyl cysteine bawang putih terbukti menambah testosteron. Meski demikian, efektivitasnya pada manusia masih harus diteliti lebih lanjut.

6. Melindungi prostat dari penyakit

Senyawa allicin dalam bawang putih diklaim dapat berkontribusi dalam menjaga kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas supaya terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan prostat.

Fungsi utama kelenjar prostat adalah mengeluarkan cairan yang bermanfaat sebagai nutrisi untuk melindungi sperma.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan mineral penting seperti zinc dan vitamin C dari bawang putih efektif melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, di dalam kandungan bawang putih terdapat senyawa allicin yang bersifat anti-bakteri, anti-jamur, dan tinggi antioksidan.

8. Menjaga kesehatan jantung

Hasil penelitian menemukan bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Sementara suplemen dari ekstrak bawang putih diklaim bisa menurunkan kadar LDL sebesar 10-15 persen secara signifikan.

9. Menambah stamina

Manfaat bawang putih untuk kesehatan pria juga dikaitkan sebagai penambah stamina tubuh. Dengan begitu, pria bisa tetap aktif bergerak.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, batas konsumsi bawang putih per hari sebaiknya tidak lebih dari 6 gram. Sebab, konsumsi bawang putih berlebihan dapat meningkatkan bau mulut, perut kembung, hingga perdarahan.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami